uefau17.com

Mantan Astronaut NASA Mark Kelly Dilantik Jadi Senator AS untuk Arizona - Global

, Washington D.C- Partai Demokrat mengambil kursi Senat pada 2 Desember 2020 ketika mantan astronaut NASA, Mark Kelly dilantik sebagai Senator AS untuk Arizona setelah mengalahkan Senator Republik, Martha McSally pada November 2020.

Dikutip dari CNN, Kamis (3/12/2020) pelantikan untuk Kelly tersebut dapat dilakukan dengan segera sejak ia memenangkan pemilihan khusus, sementara senator terpilih lainnya harus menunggu hingga Januari 2020 untuk dilantik. 

Seorang penasihatnya mengatakan kepada CNN pada hari sebelumnya, bahwa Kelly akan dilantik ditemani oleh istrinya, mantan Perwakilan Demokrat Gabby Giffords, kedua putri mereka, dan saudara kembarnya, Scott Kelly, serta rekan-rekan keluarga. 

Pengandalian partai atas Senat masih belum ditentukan dan kini masih bergantung pada dua putaran kedua di Georgia yang ditetapkan pada Januari 2021.

Kemenangan pemilihan khusus menandai momen kemenangan bagi Kelly, yang merupakan seorang pensiunan kapten Angkatan Laut AS dan astronaut NASA

Pada tahun 2011, Kelly menjadi perhatian nasional, ketika istrinya, Gabby Giffords, Perwakilan AS Arizona saat itu, menghadapi insiden penembakan yang melukai bagian kepalanya. 

Kelly kemudian memutuskan untuk menjadi seorang aktivis politik, meluncurkan kelompok bernama Americans for Responsible Solutions bersama istrinya dan berjuang untuk kebijakan pengendalian senjata.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Perjalanan Mark Kelly Sebagai Astronaut

"Saya belajar banyak dari menjadi astronot. Saya belajar banyak dari menjadi pilot di Angkatan Laut," cerita Mark Kelly dalam video pengumuman kampanyenya.

"Tapi apa yang saya pelajari dari istri saya adalah bagaimana Anda menggunakan kebijakan untuk menjadikan kehidupan masyarakat lebih baik," lanjutnya. 

Diketahui bahwa Kelly, telah bepergian ke luar angkasa sebanyak empat kali, dan dua kali sebagai komandan pesawat antariksa. 

Kelly dan saudaura kembarnya, Scott Kelly, yang juga seorang astronaut, berpartisipasi dalam "studi kembar" yang unik untuk melihat apa yang dilakukan penerbangan luar angkasa pada tubuh manusia.

Selain itu, Mark Kelly juga merupakan seorang pensiunan kapten dan pilot Angkatan Laut AS yang menerbangkan 39 misi tempur dalam Perang Teluk pertama.

Kelly akan menjalani dua tahun untuk masa jabatannnya. Namun ia masih bisa mencalonkan diri kembali untuk menjalani masa jabatan penuh pada 2022 mendatang.

Martha McSally, yang merupakan pilot perempuan Angkatan Udara pertama yang terbang dalam pertempuran, ditunjuk untuk mengisi kursi Senator setelah ia kalah tipis dari Sinema untuk mendapatkan kursi Senat Arizona lainnya pada tahun 2018.

Kemenangan kandidat dari Partai Demokrat ke Washington akan menandai yang pertama dalam hampir 70 tahun untuk Arizona.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat