uefau17.com

8-6-1986: Isu Nazi Nyaris Gagalkan Kurt Waldheim Jadi Presiden Austria - Global

, Wina - Tepat hari ini pada tahun 1986, Kurt Waldheim -- politikus konservatif -- terpilih menjadi presiden Austria.

Dikutip dari laman History.com, Sabtu (8/6/2019), pengangkatan pria kelahiran 21 Desember 1918 itu lantas menimbulkan kontroversi.

Itu terjadi lantaran Kurt Waldheim tengah menghadapi isu keterlibatannya dalam gerakan Nazi selama Perang Dunia II.

Setelah aneksasi Nazi Jerman ke Austria pada 1938, Waldheim bergabung dengan angkatan militer Jerman dan ikut berperang melawan Rusia hingga 1941.

Waldheim mengklaim bahwa dia menghabiskan sisa masa perang untuk belajar hukum di Wina, tetapi pada tahun 1986 dokumen yang ditemukan menunjukkan bahwa dia adalah seorang perwira staf tentara Jerman yang ditempatkan di Balkan dari tahun 1942 hingga 1945.

Setelah Perang Dunia II, Waldheim memasuki dinas diplomatik dan kemudian diangkat menjadi duta besar Austria untuk Prancis dan Kanada. Ketika Austria memasuki PBB pada tahun 1958, Waldheim adalah anggota delegasi pertamanya.

Diangkat sebagai wakil permanen Austria pada tahun 1965, ia bergabung dengan kabinet negaranya pada tahun 1968 sebagai menteri luar negeri Austria. Pada tahun 1971, ia mencalonkan diri sebagai presiden Austria tetapi kalah.

Namun, pada tahun yang sama, ia menjadi sekretaris jenderal AS. Pada tahun 1976, ia terpilih kembali, tetapi pada tahun 1981 masa jabatan ketiga diblokir oleh hak veto China.

Selama masa jabatannya sebagai kepala U.N., ia berusaha, dengan sedikit keberhasilan, untuk mengakhiri Perang Iran-Irak, Perang Sino-Vietnam, dan mendapatkan pembebasan para sandera Amerika di Iran.

Pada tahun 1986, ia mencalonkan diri sebagai presiden Austria lagi, tetapi kampanye itu sangat ternoda oleh laporan bahwa ia telah menjadi penerjemah dan perwira intelijen untuk unit tentara Jerman yang melakukan kejahatan perang selama Perang Dunia II.

Unit tersebut, yang ditempatkan di Balkan, terlibat dalam pembalasan brutal terhadap partisan dan warga sipil Yugoslavia dan mendeportasi sebagian besar populasi Yahudi di Salonika, Yunani, ke kamp-kamp kematian Nazi.

Waldheim mengakui bahwa telah bertentangan dengan pernyataan sebelumnya tentang masa lalu. Dia memang pernah bertugas di Balkan selama perang, tetapi membantah keterlibatannya dalam kejahatan perang.

Pada 8 Juni 1986, ia terpilih sebagai presiden Austria, atau kepala negara. Waldheim bersalah di mata banyak orang, dan Amerika Serikat melarangnya memasuki negara itu pada tahun 1987.

Masa jabatannya sebagai presiden Austria ditandai oleh periode isolasi internasional, dan dia memilih untuk tidak mencalonkan diri pada pemilihan kembali pada tahun 1992.

Selain terpilihnya Kart Waldheim sebagai presiden Austria, sejumlah kejadian bersejarah juga terjadi tanggal 8 Juni.

Pada 1783, Gunung Laki di Islandia memulai erupsi panjangnya, yang berlangsung selama 8 bulan. Akibatnya, lebih dari 9 ribu orang tewas, kelaparan pun terjadi selama 7 tahun.

Pada 1949, 1.984 karya George Orwell terbit. Sesuai dengan judulnya, buku tersebut menyajikan ramalan suram tentang masa depan pada tahun itu.

Sementara pada 8 Juni 2014, setidaknya 28 orang meninggal dunia dalam penyerangan di Bandara Internasional Jinnah, Karachi, Pakistan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat