uefau17.com

Korban Tewas Serangan Bom di Mumbai Bertambah - Global

, Mumbai: Korban tewas akibat serangan bom yang mengguncang sejumlah stasiun kereta di Mumbai, India, bertambah menjadi 174 orang. Jumlah korban cedera juga bertambah dari 439 menjadi 464 orang. Sementara sampai berita ini disusun, Rabu (12/7), proses evakuasi korban masih terus dilakukan [baca: Bom Beruntun di India, Ratusan Warga Tewas].

Kepolisian India sudah menahan seseorang yang diduga menjadi bagian dari penebar maut itu dalam sebuah penggerebekan di New Delhi. Meski belum ada satu pun pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, kepolisian setempat menduga pelaku serangan adalah Laskar e-Tayyiba dan Jaish-e-Mohammed, dua kelompok yang menghendaki kemerdekaan Kashmir dari India.

Kepolisian India juga meyakini, tujuh dari delapan bom yang dipasang di gerbong kereta yang tengah berhenti di Stasiun Khar, Mahim, Matunga, Jogeshwari, Borivali, dan Bhayander serta jalur kereta yang menghubungkan Khar dan Santa Cruz meledak secara berurutan dalam jangka waktu 11 menit. Sedangkan satu bom lain yang dipasang di Stasiun Borivali bisa dijinakkan.

Selain menuai reaksi keras dari dalam negeri, serangan bom yang disejajarkan dengan aksi teroris di Madrid, Spanyol dan London, Inggris ini juga dikecam pemerintah Pakistan [baca: Ledakan Bom Mengguncang Madrid, 173 Tewas]. Pakistan adalah negara tetangga India yang selama ini sering berseteru dengan India soal konflik di Kashmir.(ICH/Idr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat