uefau17.com

Kemenpora Carter Pesawat Aksesibel untuk Fasilitasi Atlet ASEAN Para Games 2023 Kamboja - Disabilitas

, Jakarta Atlet Indonesia yang berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja berhasil menorehkan prestasi gemilang dan mengharumkan nama bangsa sebagai juara umum.

Kiprah para atlet disabilitas ini mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah. Tak hanya dalam bentuk bonus, apresiasi juga diberikan dalam bentuk akomodasi yang aksesibel.

Guna memastikan kenyaman para juara, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara khusus menyiapkan dua pesawat atau mencarter pesawat untuk kepulangan Kontingen Indonesia dari ajang ASEAN Paragames 2023 Kamboja.

Carter pesawat ini tidak hanya saat menjemput kontingen, tapi juga saat bertolak dari Solo menuju Bandara Phnom Penh, Kamboja. Hal ini dilakukan untuk memastikan kenyamanan para atlet dalam mengemban misi mempertahankan gelar juara umum ASEAN Para Games.

"Kemenpora memang sengaja mencarter pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja untuk kenyamanan mereka di dalam perjalanan. Karena misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar Juara Umum,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo dalam keterangan resmi, Minggu, 11 Juni 2023.

Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih gelar hattrick Juara Umum," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Bangga pada Atlet Disabilitas

Tim atlet disabilitas tiba di Tanah Air melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu, 10 Juni 2023 menggunakan carter dua pesawat Garuda yang difasilitasi Kemenpora.

Kedatangannya disambut Ketua DPR RI Puan Maharani dan Seskemenpora Gunawan Suswantoro yang mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo.

"Saya mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja,” kata Gunawan.

“Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Bonus yang Setara dengan Atlet SEA Games

Selain fasilitas yang aksesibel, kerja keras para atlet disabilitas pun diapresiasi dengan pemberian bonus.

Menurut Gunawan, bonus yang akan diberikan pemerintah nanti jumlahnya setara dengan bonus yang diberikan kepada atlet SEA Games 2023 Kamboja.

"Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja. Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet Asean Para Games kita," ujar Gunawan.

4 dari 4 halaman

Perolehan Medali

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dan kokoh di posisi teratas dengan raihan 159 medali emas, 148 medali perak, dan 94 medali perunggu.

Di posisi kedua ada Thailand yang menempati peringkat kedua. Negara Gajah Putih meraih 126 medali emas, 110 perak, dan 92 perunggu.

Di peringkat ketiga ada Vietnam dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu. Sementara tuan rumah, Kamboja berada di posisi kedelapan dengan 9 emas, 18 perak dan 43 perunggu.

Dengan capaian ini, artinya Indonesia telah tiga kali berturut-turut menjadi juara umum alias hattrick.

Sebelumnya, Indonesia meraih gelar juara umum di Malaysia pada 2017 serta tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Kontingen Merah Putih berkekuatan 268 atlet dengan mengikuti 12 dari 14 cabor yang dipertandingkan. Total kontingen Indonesia berjumlah 500 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat