uefau17.com

Bitcoin Catat Rekor Baru pada Akhir 2023, Jumlah Transaksi Harian Sentuh 731.351 - Crypto

, Jakarta - Menjelang akhir 2023 jaringan bitcoin melampaui rekor lainnya dengan memverifikasi 731.351 transaksi yang signifikan dalam satu hari.

Pencapaian ini melampaui rekor tertinggi sebelumnya pada 24 Desember 2023 di mana para penambang mengonfirmasi total 723.459 transaksi.

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (3/1/2024), pada hari yang sama, NFT berbasis blockchain sebanyak 314.003 diproses, atau sekitar 42,93% dari total transaksi yang dikonfirmasi. Sementara itu, penambang bitcoin mengalami pasar biaya yang sangat menguntungkan pada Desember. 

Meskipun memecahkan rekor transfer onchain harian pada malam tahun baru, sekitar 351.000 transaksi masih tertinggal pada 1 Januari 2024. Selama 30 hari sebelumnya, para penambang mengautentikasi 16.704.699 transaksi, dengan rata-rata 6,7 transaksi per detik.

Dengan pencapaian terbaru ini, jaringan berhasil mencapai tingkat yang mengesankan yaitu 8,10 transaksi setiap detik, yang berarti sekitar 30.000 transaksi setiap jam. Pada 31 Desember, rata-rata 4.600 transaksi didokumentasikan per blok. 

Pada 1 Januari 2024, interval antara konfirmasi blok berkisar dari 9 menit 39 detik hingga 8 menit 55 detik, dengan penambang telah memvalidasi total 946.371.028 transaksi hingga tinggi blok 823.890.

Saat 2023 berganti dengan 2024, jaringan Bitcoin tidak hanya merayakan prestasi bersejarah saat malam tahun baru tetapi juga menunjukkan momentum ekspansinya yang tak tergoyahkan. 

Hampir 43% transaksi pada hari itu didorong oleh tren prasasti Ordinal yang berkembang pesat, yang mencerminkan evolusi jaringan yang berkelanjutan dan kapasitasnya yang bertahan lama untuk mengakomodasi permintaan baru dan beragam.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nilai Kepemilikan Bitcoin MicroStrategy Sentuh Rp 123 Triliun

Sebelumnya diberitakan, MicroStrategy Inc, perusahaan pembuat perangkat lunak meningkatkan total kepemilikan Bitcoin menjadi lebih dari USD 8 miliar atau setara Rp 123,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.405 per dolar AS) melalui pembelian tambahan bulan ini.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (29/12/2023), perusahaan yang berbasis di Tysons Corner, Virginia yang dijalankan oleh advokat Bitcoin Michael Saylor mengakuisisi 14.620 Bitcoin seharga USD 616 juta atau setara Rp 9,4 triliun tunai dari 30 November hingga 26 Desember 2023, menurut pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS. 

Itu menjadikan total kepemilikannya menjadi 189.150 Bitcoin, atau hampir 1% dari 19.58 juta Bitcoin yang beredar. Saylor, ketua dan salah satu pendiri MicroStrategy, mulai membeli aset digital pada 2020 sebagai lindung nilai inflasi dan alternatif untuk menyimpan uang tunai di neraca perusahaan. 

Hal ini menjadikan MicroStrategy sebagai proxy Bitcoin bagi investor yang ingin mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin tetapi tidak ingin memilikinya secara langsung.

Saylor dalam sebuah wawancara di Bloomberg TV minggu lalu mengatakan dana yang diperdagangkan di bursa yang secara fisik didukung oleh Bitcoin bukanlah ancaman bagi MicroStrategy karena sahamnya adalah taruhan leverage tanpa biaya. 

Perusahaan telah memanfaatkan pembiayaan utang dan penjualan saham untuk mendanai pembelian Bitcoinnya. Harga rata-rata untuk akuisisi terbaru adalah USD 42.110 atau setara Rp 648,5 juta, sedangkan harga rata-rata untuk total kepemilikan adalah USD 31.168 atau setara Rp 480 juta, menurut pengajuan perusahaan.

Saham MicroStrategy telah melonjak lebih dari 300% tahun ini, mengungguli Bitcoin karena menguat sekitar 150% selama periode yang sama.

3 dari 5 halaman

Perusahaan Manajemen Aset Kirim Pengajuan Terbaru ETF Bitcoin Spot ke SEC

Sebelumnya diberitakan, beberapa perusahaan manajemen aset yang mengajukan ETF Bitcoin Spot telah memperbarui pengajuan mereka ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Jumat, 29 Desember 2023.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (1/1/2024), hal ini sesuai dengan permintaan SEC beberapa waktu lalu yang meminta para pengaju ETF Bitcoin untuk memperbarui pengajuan mereka. 

Pada Jumat, BlackRock Asset Management, VanEck, Valkyrie Investments, Bitwise Investment Advisers, Invesco Ltd., Fidelity, dan WisdomTree Investments semuanya telah menyerahkan dokumen baru dengan regulator yang menjelaskan rincian pengaturan masing-masing. 

Orang-orang yang mengetahui proses pengajuan mengatakan perusahaan yang memenuhi tenggat waktu revisi pengajuan akhir tahun kemungkinan dapat meluncurkan ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari tanggal di mana SEC diharuskan untuk menyetujui atau menolak ETF milik Ark dan 21Shares.

Saat ini ada total 14 manajer aset yang berharap akhirnya memenangkan persetujuan SEC untuk ETF bitcoin spot. Selama dekade terakhir, regulator sekuritas AS telah menolak berbagai upaya untuk meluncurkan produk-produk ini, dengan alasan kekhawatiran akan manipulasi pasar dan ketidakmampuan calon emiten untuk melindungi investor. 

Hingga saat ini, satu-satunya ETF mata uang kripto yang disetujui telah dikaitkan dengan kontrak berjangka bitcoin dan ethereum, yang diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange.

Sentimen ETF Bitcoin ini mendorong harga Bitcoin meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini.  Bitcoin berhasil menembus di atas USD 45.000 atau setara Rp 629,5 juta (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS) pada 2023.

4 dari 5 halaman

SEC Menolak Aturan Kripto Baru

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Jumat, 15 Desember 2023 menolak petisi Coinbase Global yang meminta aturan baru dari agensi untuk sektor aset digital, yang kemudian coba ditentang oleh bursa kripto terbesar di negara itu di pengadilan.

Komisi beranggotakan lima orang, dalam pemungutan suara 3-2, mengatakan mereka tidak akan mengusulkan aturan baru karena pada dasarnya tidak setuju peraturan saat ini tidak dapat dijalankan untuk bidang kripto. Coinbase mengatakan telah mengajukan petisi untuk meninjau keputusan SEC di pengadilan.

Perselisihan ini adalah yang terbaru dari tarik-menarik yang lebih luas antara sektor kripto dan regulator pasar utama Amerika Serikat (AS), yang telah berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto adalah sekuritas dan tunduk pada yurisdiksinya. 

Badan tersebut telah menggugat beberapa perusahaan kripto, termasuk Coinbase, karena mencatatkan dan memperdagangkan token kripto yang menurutnya harus didaftarkan sebagai sekuritas.

“Undang-undang dan peraturan yang ada berlaku untuk pasar sekuritas kripto,” kata Ketua SEC Gary Gensler dalam pernyataan terpisah yang mendukung keputusan tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (22/12/2023).

 

5 dari 5 halaman

Keputusan SEC

Tak lama kemudian, Coinbase memberi tahu pengadilan banding federal di Philadelphia tentang rencananya untuk meminta peninjauan atas penolakan SEC. 

Keputusan SEC adalah "sewenang-wenang dan berubah-ubah" dan merupakan "penyalahgunaan kebijaksanaan", kata Coinbase dalam pengajuan pengadilan yang dibagikan di platform media sosial X.

Pada 2022, perusahaan menekan SEC untuk membuat seperangkat aturan khusus untuk sektor kripto, dengan alasan undang-undang sekuritas AS yang ada tidak memadai. Pada bulan April, Coinbase mengajukan banding kepada hakim untuk memaksa SEC menanggapi petisi tersebut.

Pengadilan mengatakan tidak akan memaksa agensi tersebut untuk bertindak, mengingat SEC telah mengatakan akan menanggapi petisi Coinbase. Perusahaan kripto mengatakan mereka menginginkan gambaran yang lebih jelas tentang kapan SEC memandang aset digital sebagai keamanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat