uefau17.com

Parlemen Inggris Setujui RUU Baru, Izinkan Penegak Hukum Bekukan Kripto Ilegal - Crypto

, Jakarta - Anggota parlemen Inggris telah menyetujui rancangan undang-undang yang bertujuan memungkinkan lembaga penegak hukum menyita dan membekukan mata uang kripto yang terlibat dalam aktivitas kriminal.

Dilansir dari Yahoo Finance, Minggu (29/10/2023), RUU Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan, yang mencakup pelanggaran mulai dari perdagangan narkoba hingga kejahatan dunia maya, diperkirakan akan disetujui oleh Raja dan segera dilaksanakan.

RUU ini memperluas kewenangan penegakan hukum setempat untuk menyita mata uang kripto yang terkait dengan aktivitas ilegal bahkan tanpa adanya hukuman, menjadikannya alat yang penting dalam situasi yang sensitif terhadap waktu.

RUU tersebut diperkenalkan pada September, diubah untuk menambahkan unsur anti-terorisme. Prosedur terpisah juga dimasukkan untuk membantu polisi dalam menyita aset lain yang dapat membantu mengidentifikasi mata uang kripto yang terkait dengan tindakan kriminal.

Inggris meskipun berupaya menjadi pusat mata uang kripto di seluruh dunia dan telah mengesahkan undang-undang yang mengakui aset digital, Inggris tetap berkomitmen untuk memberantas kejahatan dan penipuan terkait mata uang kripto. 

Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris telah memberlakukan aturan promosi kripto, memperingatkan perusahaan dan bursa kripto yang tidak mematuhinya.

Badan penegak hukum telah menyita lebih dari USD 371 juta atau setara Rp 5,9 triliun mata uang kripto yang terkait dengan aktivitas terlarang pada 2022. 

Selain itu, penasihat taktis yang berspesialisasi dalam mata uang kripto telah dikirim ke seluruh negeri untuk membantu penyelidikan. Namun, lembaga pelaporan penipuan Inggris menemukan peningkatan 40 persen dalam jumlah kerugian akibat penipuan kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inggris Tempati Posisi Ketiga Terkait Transaksi Kripto

Sebelumnya diberitakan, Inggris menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia dalam hal volume transaksi mata uang kripto mentah, setelah Amerika Serikat dan India, menurut perusahaan intelijen on-chain Chainalysis.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (19/10/2023), Inggris juga muncul sebagai ekonomi kripto terbesar di kawasan Eropa Tengah, Utara, dan Barat (CNWE), setelah menerima pembayaran kripto senilai sekitar USD 252,1 miliar atau setara Rp 3.986 triliun (asumsi kurs Rp 15.814 per dolar AS) pada tahun lalu.

Jerman adalah ekonomi kripto terbesar kedua di CNWE, dengan transaksi kripto senilai USD 120 miliar atau setara Rp 1.897 triliun, diikuti oleh Spanyol dengan USD 110 miliar atau setara Rp 1.739 triliun.

CNWE adalah ekonomi kripto terbesar kedua di dunia setelah Amerika Utara, menyumbang 17,6 persen dari volume transaksi global antara Juli 2022 dan Juni 2023. Sedangkan keuangan terdesentralisasi (DeFi) menyumbang 54,8 persen dari nilai kripto yang diterima, menjadikannya layanan terkait kripto paling populer di wilayah tersebut.

Inggris belum lama ini memberlakukan aturan baru kripto. Financial Conduct Authority (FCA), badan pengatur keuangan terkemuka di Inggris, mengumumkan mereka mengeluarkan 146 peringatan dalam 24 jam pertama rezim pemasaran kripto barunya. 

FCA memperingatkan perubahan undang-undang yang menjadikan promosi aset kripto telah berlaku sejak 8 Oktober 2023. Regulator keuangan Inggris menjelaskan sejak 8 Oktober, perusahaan yang ingin mempromosikan aset kripto di negara tersebut harus diberi wewenang atau didaftarkan oleh FCA, atau pemasarannya disetujui oleh perusahaan yang berwenang. 

 

3 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Huobi dan KuCoin Masuk Daftar Pengawasan Regulator Inggris

Sebelumnya diberitakan, Pertukaran Crypto Huobi dan KuCoin termasuk di antara lusinan perusahaan aset digital yang ditambahkan ke daftar peringatan Otoritas Perilaku Keuangan Inggris (FCA) pada karena memasarkan layanan mereka di Inggris tanpa persetujuan yang tepat.

Peraturan Inggris mengenai promosi keuangan diperluas mulai 8 Oktober untuk mencakup penyedia layanan aset kripto terlepas dari lokasi mereka. 

Semua platform kripto kini diwajibkan oleh regulator untuk menampilkan peringatan risiko yang jelas kepada konsumen yang berbasis di Inggris dan memenuhi standar teknis yang lebih tinggi, termasuk periode jeda 24 jam untuk pelanggan baru.

“Perusahaan ini mungkin mempromosikan jasa atau produk keuangan tanpa izin kami. Anda harus menghindari berurusan dengan perusahaan ini,” tulis FCA dikutip dari Yahoo Finance, Senin (16/10/2023). 

Hukuman bagi ketidakpatuhan dapat mencakup permintaan penghapusan situs web dan aplikasi, denda tak terbatas, dan bahkan hukuman penjara.

Juru bicara Huobi, juga dikenal sebagai HTX, mengatakan perusahaan tersebut tidak mengoperasikan atau memasarkan layanan atau produknya di Inggris. KuCoin tidak beroperasi di Inggris, tetapi berkomitmen untuk menyesuaikan produk dan layanannya untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan yang relevan di setiap negara.

KuCoin yang berbasis di Seychelles mengatakan platformnya dibatasi di negara-negara termasuk AS, Singapura, Hong Kong, daratan Tiongkok, Thailand, Malaysia, dan Ontario, Kanada. Itu juga tidak menyebutkan nama Inggris dalam daftar lokasi terbatasnya.

Peringatan baru ini muncul menyusul upaya terbaru Inggris untuk bergerak cepat dalam menyebut dan mempermalukan perusahaan kripto yang melanggar aturan yang diperluas. FCA memperbarui daftar peringatan pelanggar setiap jam ketika pelanggaran baru terungkap.

 

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Binance Stop Terima Konsumen Baru di Inggris

Sebelumnya diberitakan, pertukaran Cryptocurrency Binance mengatakan pihaknya akan berhenti menerima pelanggan baru di Inggris. Ini sesuai dengan peraturan baru yang membatasi promosi dari perusahaan aset digital luar negeri di negara tersebut.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (18/10/2023), pengguna baru di Inggris tidak akan dapat mendaftar di platform pada hari yang sama, menurut sebuah postingan di situs web Binance.

Sikap keras Inggris terhadap industri kripto muncul ketika regulasi mata uang kripto masih menjadi fokus di seluruh dunia setelah serangkaian keruntuhan besar tahun lalu memicu kekhawatiran tentang bagaimana perusahaan-perusahaan ini menggunakan dan menyimpan simpanan nasabah di industri yang sebagian besar tidak diatur.

Aturan baru terkait kripto di Inggris yang bernama Financial Conduct Authority (FCA) seputar promosi aset kripto mulai berlaku pada 8 Oktober. 

Pekan lalu, regulator keuangan Inggris mengatakan pihaknya menghentikan platform peer-to-peer yang membangun kembali platform society.com untuk menyetujui promosi keuangan untuk Binance dan perusahaan aset kripto lainnya, beberapa hari setelah Binance mengumumkan telah bermitra dengan perusahaan tersebut.

FCA dalam pemberitahuan keputusannya mengatakan perusahaan aset kripto yang tidak terdaftar tidak boleh mempromosikan aset kripto kepada konsumen Inggris kecuali mereka memiliki perusahaan resmi untuk menyetujui promosi tersebut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat