uefau17.com

Pangsa Pasar Global Binance Turun 8 Persen Sejak Awal 2023 - Crypto

, Jakarta - Pangsa pasar Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, dan afiliasinya di Amerika Serikat (AS) telah menyusut tahun ini, karena mereka melawan serangan dari tindakan keras regulator.

Bulan lalu, Binance terkena gugatan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS karena diduga melanggar aturan regulator, mendorong pangsa pasar globalnya menjadi 52 persen dari 60 persen pada awal tahun, menurut perusahaan data Kaiko. Ini berarti pangsa pasar Binance turun 8 persen sejak awal 2023.

Binance telah mulai mengalami penurunan pangsa pasar pada Maret setelah langkahnya untuk mengakhiri transaksi tanpa biaya untuk beberapa pasangan perdagangan, kata seorang analis di Kaiko, Dessislava Aubert. 

"Pangsa pasar Binance telah berpindah ke berbagai bursa kripto dengan Bybit dan OKX yang terbaik," kata Aubert, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (8/7/2023).

Binance US, mitra Binance independen, telah melihat pangsa pasar AS merosot menjadi 0,9 persen pada 26 Juni dari lebih dari 22 persen pada April setelah pertukaran memberi pelanggannya tenggat waktu 13 Juni untuk menarik dana dolar mereka sebagai SEC meminta pengadilan untuk membekukan asetnya.

Melawan tren, pangsa pasar Coinbase AS melonjak pada Juni menjadi 55 persen dari 48,4 persen, karena bursa tersebut dinamai sebagai mitra pengawasan oleh Fidelity dan manajer aset lainnya dalam mengajukan ETF bitcoin spot. 

Volume spot kripto secara keseluruhan merosot pada kuartal kedua ke level terendah sejak 2020, kata Kaiko, bahkan ketika bitcoin menguat menjelang akhir kuartal untuk mencapai puncak satu tahun sebesar USD 31.458 atau setara Rp 474,4 juta sebagai serentetan proposal dari manajer aset utama termasuk BlackRock. sentimen terangkat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chief Strategy Officer Binance, Patrick Hillmann Umumkan Resign

Sebelumnya, Chief Strategy Officer pertukaran kripto Binance Patrick Hillmann telah keluar dari perusahaan. Hal itu disampaikannya melalui Twitter pada Kamis, 6 Juli 2023. Hillmann telah bergabung dengan bursa cryptocurrency terbesar di dunia pada 2021 dan menjadi chief strategy officer pada Oktober tahun lalu.

"Memang benar saya meninggalkan Binance," kata Hillmann di Twitter, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (7/7/2023), menambahkan dia melakukannya dengan baik.

Masih tidak jelas alasan Hillmann meninggalkan Binance, tetapi langkahnya berada di tengah pertukaran yang sedang diterpa masalah dari berbagai regulator di dunia. 

Bulan lalu, regulator AS menggugat Binance dan CEO nya Changpeng Zhao karena diduga mengoperasikan jaring penipuan dan mengajukan 13 tuntutan di pengadilan federal di Washington DC. Binance mengatakan akan membela diri dengan kuat.

Kemudian regulator Jerman telah memberi tahu Binance mereka tidak akan memberikan lisensi penyimpanan mata uang kripto, pada Kamis, 29 Juni 2023. 

 

Regulator Jerman, BaFin, mengeluarkan pernyataan yang menolak mengomentari masing-masing perusahaan karena kerahasiaan. Binance mengatakan tidak akan membagikan detail percakapan dengan regulator, tetapi menyebut akan terus bekerja untuk memenuhi persyaratan BaFin.

Regulator jasa keuangan dan pasar Belgia (FSMA) bulan lalu juga memerintahkan Binance untuk berhenti menawarkan layanan mata uang virtual apa pun di negara tersebut, menambah tekanan pada pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia.

Prancis juga menyelidiki Binance, yang telah memutuskan untuk keluar dari pasar Belanda karena tidak dapat memenuhi persyaratan pendaftaran untuk beroperasi sebagai penyedia layanan aset virtual.

 

 

3 dari 4 halaman

Bos Binance Semringah Banyak Perusahaan Besar Jajaki Kripto

Sebelumnya, pendiri dan CEO Binance, Changpeng Zhao (CZ) mengomentari pemain besar seperti BlackRock yang mengajukan pendaftaran Bitcoin (ETF) spot. Zhao menyebut langkah tersebut baik dan sangat menguntungkan.

“Kami menyambut lebih banyak pemain, semakin besar semakin baik. Itu akan menawarkan lebih banyak cakupan,” kata Zhao dalam Twitter Space, dikutip dari Decrypt, Kamis (6/7/2023). 

CEO Binance itu juga menjawab pertanyaan dari orang banyak, sampai seorang pengguna Twitter bertanya apa pendapatnya tentang institusi besar ini yang memasuki industri kripto, dan apakah mereka menimbulkan ancaman bagi perusahaan seperti Binance.

Zhao menjawab tidak ada ancaman bagi perusahaan kripto seperti Binance dengan masuknya perusahaan besar seperti BlackRock. 

“Akan sangat bermanfaat bagi kripto untuk entitas besar datang ke industri ini,” jelas Zhao. Dia juga mencatat mereka melayani klien yang saat ini kurang terlayani oleh industri.

 

4 dari 4 halaman

Perlahan Masuk Ruang Kripto

BlackRock, Fidelity, dan institusi Wall Street besar lainnya perlahan-lahan memasuki ruang cryptocurrency. Minggu-minggu terakhir telah terjadi hiruk-pikuk pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Zhao mengatakan banyak entitas, individu atau institusi, tertarik untuk terjun ke kripto. Menurut dia, mereka tidak dapat menggunakan Binance.com, dan Binance US memiliki likuiditas yang lebih sedikit yang terus menurun setelah otoritas AS terus menerapkan tekanan hukum.

Masalahnya, bagi Zhao, banyak dari institusi tersebut tidak nyaman menggunakan apa yang disebut kripto murni atau platform asli kripto. Dia menambahkan mereka mungkin lebih memilih hubungan yang ada dengan perusahaan lama.

Zhao sebenarnya optimistis pada institusi yang lebih besar ini sebagai masalah adopsi. Di satu sisi, katanya, itu akan membawa orang non-crypto ke industri ini. Di sisi lain, itu akan membawa inovasi melalui persaingan dan membuat industri semakin baik. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat