uefau17.com

Korelasi Bitcoin dan Saham Teknologi Nasdaq Sentuh Level Terendah dalam 3 Tahun - Crypto

, Jakarta - Aset kripto Bitcoin dan saham teknologi di Nasdaq telah mencapai korelasi terendahnya dalam tiga tahun, menunjukkan kemungkinan akan ada korelasi terpisah antara keduanya, menurut laporan baru dari Kaiko Research.

Kaiko, penyedia data pasar keuangan, melaporkan korelasi antara Bitcoin dan Nasdaq 100 turun menjadi hanya 3 persen. Sebelumnya, terutama pada tahun lalu, korelasi Bitcoin dan Nasdaq cukup besar. Bitcoin dan saham teknologi Nasdaq seringkali mencatatkan kinerja yang berkorelasi di situasi yang sama.

Analis riset di Kaiko, Dessislava Ianeva mengatakan alasan utama penurunan korelasi ini adalah karena pergerakan harga Bitcoin belakangan ini dipengaruhi oleh peristiwa khusus kripto, seperti sentimen regulasi. Dia mengatakan ini tidak berdampak pada saham teknologi.

“Banyak risiko telah terjadi tahun lalu dengan banyak investor institusi keluar dari pasar. Ini berarti investor ini tidak mungkin menjual kripto dan ekuitas teknologi secara bersamaan,” kata Ianeva, dikutip dari Decrypt, Kamis (29/6/2023).

Para peneliti di Kaiko mengamati pada Senin kesenjangan volatilitas antara kripto dan saham teknologi telah mencapai level tertinggi sejak keruntuhan FTX. 

Korelasi Bitcoin dan Emas Meningkat

Sementara itu, menurut laporan Kaiko lainnya, Bitcoin dan emas berperilaku serupa, dengan korelasinya melonjak melewati 50 persen. Meskipun logam mulia telah melihat penurunan, tetapi emas berhasil naik dari tahun ke tahun, menyentuh level tertinggi sepanjang masa pada Mei. 

Platform penelitian data tersebut beralasan data on-chain menunjukkan peningkatan pemegang BTC jangka panjang, yang menunjukkan “emas digital” mungkin bergabung dengan mitra fisiknya sebagai instrumen yang melindungi investor di saat ketidakpastian.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raksasa Manajer Aset Fidelity Bakal Ajukan Pendaftaran untuk ETF Bitcoin

Sebelumnya, raksasa Manajer aset Fidelity diperkirakan mengajukan pendaftaran kepada regulator sekuritas AS untuk produk ETF Bitcoin. Fidelity bergabung dengan manajer uang besar lainnya yang ingin meluncurkan ETF Bitcoin.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (28/6/2023), informasi ini berasal dari laporan Block pada Selasa, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut. 

Dalam dua minggu terakhir, BlackRock, WisdomTree, Invesco, VanEck, dan Bitwise telah mengajukan pendaftaran baru ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF bitcoin spot, mendorong harga bitcoin ke level tertinggi lebih dari satu tahun.

Perusahaan keuangan yang berbasis di Boston juga merupakan bagian dari konsorsium yang mencakup pembuat pasar Citadel Securities dan Virtu Financial, broker ritel Charles Schwab, dan perusahaan modal ventura Paradigm dan Sequoia Capital, yang baru-baru ini meluncurkan pertukaran kripto yang disebut EDX Markets.

Analis pasar senior di Oanda, Edward Moya mengatakan langkah ini memberikan optimisme dan dapat mendorong banyak dana masuk. 

“Ada banyak optimisme di sini bahwa Anda akan mendapatkan ETF bitcoin. Jika itu dilakukan, itu bisa membuka pintu untuk lebih banyak uang institusional dan mungkin beberapa pedagang ritel bernilai tinggi untuk kembali ke kripto,” kata Moya.

ETF Bitcoin Sudah Diatur Sejak 2021

ETF bitcoin berbasis berjangka yang melacak harga kontrak berjangka bitcoin telah diizinkan oleh regulator sejak Oktober 2021. 

Tetapi SEC dalam beberapa tahun terakhir telah menolak lusinan pendaftaran untuk ETF bitcoin spot, yang merupakan kendaraan investasi yang diperdagangkan secara publik yang secara langsung melacak harga bitcoin, termasuk satu oleh Fidelity pada Januari 2022, karena kekhawatiran pasar yang mendasarinya dapat dimanipulasi.

Moya menjelaskan, pengubah permainan bagi banyak orang kali ini adalah BlackRock yang mengajukan ETF bitcoin spot, karena ia mengajukan ETF hanya jika diyakini dapat membuat mereka disetujui.

Pengajuan ETF telah membantu membalikkan sentimen negatif di bitcoin dan pasar cryptocurrency yang lebih luas, setelah serangkaian kehancuran perusahaan kripto, termasuk keruntuhan tiba-tiba akhir tahun lalu pertukaran FTX, yang menurut pihak berwenang menjalankan penipuan multi-miliar dolar.

 

 

3 dari 4 halaman

Ramai-Ramai Perusahaan Keuangan Daftarkan Produk ETF Bitcoin, Apa Dampaknya?

Sebelumnya, raksasa manajemen aset BlackRock mengajukan dokumen dokumen pada Kamis, 15 Juni 2023 untuk meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa untuk Bitcoin atau sering disebut ETF Bitcoin.

Pengajuan ini mendorong harga aset kripto, terutama Bitcoin menguat dalam beberapa pekan terakhir. Bagaimana langkah BlackRock ini berdampak pada industri kripto secara keseluruhan? 

Exchange Traded Fund (ETF) sendiri adalah jenis sekuritas yang melacak harga indeks, sektor, komoditas, atau aset lainnya, dan aset tersebut dapat dibeli atau dijual di bursa saham dengan cara yang sama seperti saham biasa. 

Sedangkan, ETF Bitcoin adalah dana yang diperdagangkan di bursa yang secara khusus melacak harga mata uang kripto dan memungkinkan para trader untuk mencoba memasuki pasar kripto tanpa secara langsung memiliki aset kripto. 

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha menjelaskan langkah yang diambil BlackRock ini memberikan efek domino dan mendorong perusahaan finansial tradisional memasuki industri aset digital. 

“Setelah BlackRock, pada 20 Juni, Deutsche Bank, dengan total aset sebesar USD 1,3 Triliun, mengajukan aplikasi untuk Lisensi Aset Digital, mengajukan Izin Operasi Sebagai Kustodian Kripto di Jerman,” kata Panji dalam diskusi Proyeksi Bitcoin Juli 2023, Selasa (27/6/2023).

Selain Deutsche Bank, pada 21 Juni, Invesco, dengan total aset sebesar USD 1,4 Triliun atau setara Rp 20.990 triliun (asumsi kurs Rp 14.993 per dolar AS), mengaktifkan kembali aplikasi untuk ETF Bitcoin. 

Di tanggal yang sama Wisdom Tree, dengan total aset sebesar USD 89 miliar atau setara Rp 1.334 triliun mengajukan aplikasi untuk ETF Bitcoin. 

 

 

   

4 dari 4 halaman

ETF Bitcoin Permudah Transaksi Kripto

Panji menuturkan adanya produk ETF Bitcoin, membuat peluang untuk investor lebih mudah dalam membeli dan menjual kripto. Selain itu, ETF Bitcoin ini juga bisa diperdagangkan di Bursa Efek Amerika Serikat. 

“Produk ini jadi lebih legal lagi karena mengikuti regulasi dari pemerintah AS sendiri apalagi persetujuannya dikeluarkan langsung oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC),” jelas Panji. 

Dengan adanya ETF Bitcoin ini, Panji mengatakan bisa menjadi sentimen positif untuk industri kripto karena ETF Bitcoin bisa menjadi utilitas masyarakat untuk masuk ke kripto. Di sisi lain, regulasi yang lebih jelas untuk Bitcoin juga menjadi pendorong positif untuk ETF Bitcoin.

“Karena produk ini ETF masih belum banyak diperdagangkan di market, jadi kita lihat perkembangannya seperti apa. Kurang lebih di awal seperti inim ETF Bitcoin memberikan sentimen positif untuk industri kripto,” pungkas Panji.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat