uefau17.com

3 Hal Bisa Menguntungkan Bitcoin, Apa Saja Itu? - Crypto

, Jakarta Cryptocurrency teratas berdasarkan nilai pasar, Bitcoin telah melemah lebih dari 16 persen sejak mencapai level tertinggi USD 31.000 atau setara Rp 465,4 juta (asumsi kurs Rp 15.015 per dolar AS) dua bulan lalu.

Namun, harga Bitcoin naik hampir 60 persen secara year-to-date, kinerjanya mengungguli Nasdaq, indeks teknologi berat Wall Street, yang hanya naik 38 persen. 

Meskipun Bitcoin sedang berada di dalam tekanan, tetapi ada beberapa hal yang bisa menguntungkan Bitcoin dan menaikkan harganya. Berbagai pihak percaya jika tiga hal ini terjadi, Bitcoin akan sangat diuntungkan. 

Melemahnya Dolar dan Volatilitas Pasar Obligasi Berkurang

Indeks dolar, yang melacak nilai greenback terhadap mata uang utama, turun 1,2 persen menjadi 102,30 minggu lalu, mencatat kerugian mingguan ketiga berturut-turut.

Penurunan beruntun telah membalikkan lebih dari 50 persen pemantulan yang terlihat dalam tiga minggu sebelumnya, yang, sebagian, membebani harga kripto.

"Setiap penurunan dolar baik untuk bitcoin (dan sebaliknya). Itulah mengapa BTC dan aset berisiko mengalami kenaikan terkuat selama pasar beruang dolar," kata perusahaan intelijen kripto Jarvis Labs dalam posting blog mingguan, dikutip dari CoinDesk, Selasa (20/6/2023).

Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga stabil antara 5 persen dan 5,25 persen minggu lalu, menghentikan siklus kenaikan suku bunga 15 bulan yang mendorong dolar lebih tinggi dan mengguncang aset berisiko tahun lalu. 

Bank sentral membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan suku bunga lanjutan selama beberapa bulan mendatang, tetapi analis tidak yakin itu akan sesuai dengan pembicaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah ETF Bitcoin Blackrock

BlackRock (BLK), manajer aset terbesar di dunia, mengajukan dana perdagangan pertukaran bitcoin (ETF) berbasis spot minggu lalu, menawarkan kejutan positif ke pasar yang dihantam oleh aliran berita buruk selama 12 bulan terakhir.

Menurut penulis Benchmark CF Ken Odeluga, dana yang diusulkan menunjukkan selera institusional untuk produk berbasis bitcoin tetap kuat setelah pasar beruang yang mengerikan tahun lalu.

Permintaan Aset Safe Haven Meningkat

Awal bulan ini, SEC menggugat pertukaran kripto terkemuka Binance and Coinbase (COIN), menuduh mereka menawarkan sejumlah cryptocurrency alternatif sebagai sekuritas yang tidak terdaftar. Gugatan itu tidak menyebutkan bitcoin dan eter (ETH) sebagai sekuritas.

Ini menunjukkan Bitcoin dan Ethereum masih aman dari kejaran regulator sekuritas AS. Di sisi lain SEC pernah mengungkapkan Bitcoin adalah komoditas dan bukan sekuritas.

"Risiko peraturan terutama terkonsentrasi pada investor altcoin, yang memiliki dampak terbatas pada pemegang yang hanya memegang BTC dan ETH," tulis CEO perusahaan manajemen aset kripto Blofin, Matt Hu dalam posting blog akhir pekan lalu.

Tingkat dominasi Bitcoin telah keluar dari pola osilasi tiga tahun sebagai tanda investor memutar uang dari altcoin dan menjadi bitcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat