uefau17.com

Bitcoin Masih Berjuang di Tengah Langkah Hawkish The Fed - Crypto

, Jakarta - Bitcoin sedikit menunjukkan performa lebih baik pada Jumat (8/4/2022) setelah jatuh pada hari sebelumnya walaupun masih sedikit turun, mengikuti tren penurunan untuk sebagian besar minggu ini. 

Ethereum juga bernasib sedikit lebih baik, tetapi Altcoin utama lainnya menunjukkan pergerakan harga yang beragam.

Bitcoin, kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 43.500 atau sekitar Rp 625,9 juta sekitar 24 jam sebelumnya. Angka tersebut jauh dari ambang batas USD 47.000 yang dilewatinya seminggu yang lalu. 

Penurunan tersebut terjadi karena investor terus mencerna intensitas hawkish baru bank sentral AS dan pusaran yang sedang berlangsung dan peristiwa ekonomi yang berasal dari invasi Rusia ke Ukraina.

Analis Pasar Senior Oanda Americas, Edward Moya mengatakan Bitcoin masih berjuang di tengah langkah yang diambil The Fed.

“Bitcoin sedang berjuang untuk mendapatkan arah karena Wall Street semakin berhati-hati atas seberapa agresifnya Federal Reserve dengan pengetatan kebijakan moneternya,” ujar Moya dikutip dari CoinDesk, Jumat (8/4/2022). 

Terra luna (LUNA) baru-baru ini turun lebih dari 4 persen. Sedangkan koin meme DOGE dan SHIB sama-sama datar pada perdagangan Jumat ini. 

Setelah sempat beriringan dengan pasar saham, harga kripto kini sedikit menyimpang dari kinerja pasar saham utama, yang berada di zona hijau, meskipun tidak seluruhnya menghijau. Nasdaq yang berfokus pada teknologi naik kurang dari sepersepuluh poin persentase.

Bank sentral AS telah memberi isyarat dengan kuat sebagai sebuah badan, dan oleh masing-masing gubernur, selama seminggu terakhir mereka akan meningkatkan upayanya untuk menjinakkan inflasi, yang telah mencapai hampir 8 persen, tertinggi empat dekade.

Pada Kamis waktu setempat, Presiden Federal Reserve Bank of St. Louis James Bullard mengatakan kepada wartawan setelah pidatonya, The Fed harus bergerak terus terang untuk menaikkan tingkat kebijakan ke tingkat yang tepat untuk menangani inflasi.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angin Segar

Adapun di sisi lain, ada sedikit angin segar untuk kemajuan aset digital, di mana Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan dolar digital dapat menjadi uang terpercaya yang sebanding dengan uang tunai fisik.

Sementara itu, anggota parlemen Eropa dan AS yang mengkritik serangan Rusia sedang mempertimbangkan dan mendorong sanksi ekonomi baru. 

Mereka termasuk larangan Uni Eropa pada batu bara Rusia dan pemungutan suara DPR AS untuk menghapus status perdagangan yang disukai Rusia dan penghentian impor produk energi.

Meskipun tersengat beberapa sentimen negatif tersebut, Moya mengatakan dirinya optimis pada kinerja Bitcoin dalam jangka pendek. 

“Bitcoin telah bertahan dengan baik mengingat aksi jual pasar obligasi baru-baru ini, tetapi bisa kesulitan jika langkah itu berlanjut,” kata dia. 

"Prospek jangka panjang Bitcoin tetap bullish tetapi jika penghindaran risiko menjadi liar, itu bisa rentan terhadap penurunan menuju level USD 38.000,” pungkas dia.

3 dari 4 halaman

Pasar Kripto Loyo, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebelumnya, pasar kripto kembali melemah akibat gejolak ekonomi makro yang berasal dari konflik Rusia-Ukraina ditambah bukti baru transformasi bank sentral AS yang mengambil keputusan ekonomi lebih hawkish saat ini. 

Bitcoin (BTC) baru-baru ini diperdagangkan di bawah USD 44.000 atau sekitar RP 632,5 juta, di mana ia turun pada hari sebelumnya kurang dari seminggu setelah melonjak lebih dari USD 47.000. Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar itu turun hampir 5 persen.

Sedangkan ethereum (ETH), kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, juga jatuh melebihi Bitcoin yaitu 7 persen dan diperdagangkan tepat sedikit di atas USD 3.200.

Semua altcoin utama teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, bahkan mengalami nasib lebih buruk. Solana (SOL) turun lebih dari 10 persen. Sedangkan Cardano dan Polkadot masing-masing turun sekitar 8 persen pada titik tertentu. Koin meme DOGE dan SHIB masing-masing juga turun sekitar 12 dan 9 persen.

Penurunan tersebut terjadi menyusul rilis risalah dari pertemuan the Fed Maret di mana para gubernur membahas kenaikan suku bunga dengan kenaikan setengah poin.

Ketua Fed Jerome Powell pekan lalu membahas kemungkinan kenaikan setengah poin sebagai cara untuk menekan inflasi, yang hampir 8 persen telah mencapai level tertinggi empat dekade dan berpotensi meningkat karena konflik di Ukraina berkecamuk. 

AS dan negara-negara lain yang telah mengkritik agresi Rusia mengambil langkah-langkah untuk menjatuhkan sanksi penuh terhadap perusahaan jasa keuangan terbesar Rusia, termasuk Sberbank. 

Negara-negara tersebut sebelumnya hanya memberlakukan sanksi parsial terhadap perusahaan-perusahaan tersebut. Namuns, Sberbank, yang memegang sekitar sepertiga aset Rusia, sekarang tidak akan memiliki kontak dengan sistem perbankan AS akibat sanksi penuh tersebut.

Sanksi itu dimaksudkan untuk melumpuhkan ekonomi Rusia, yang telah mampu melakukan pembayaran utang dari pendapatan yang diterimanya dari penjualan energi dan melalui akses terbatas ke perbankan asing. 

 

4 dari 4 halaman

Tekanan terhadap Harga Bitcoin

AS telah mendesak negara-negara Uni Eropa untuk melarang impor minyak dan gas Rusia, yang sangat bergantung pada mereka.

Salah satu pendiri dan mitra perusahaan jasa keuangan JST Capital, Scott Freeman mengatakan kerusuhan global dan situasi ekonomi saat ini telah merusak harga Bitcoin.

“Sulit untuk mengetahui pergerakan Bitcoin saat ini. Pada akhirnya, kami percaya ada tema makro bisnis di lingkungan di mana orang tidak ingin mengambil risiko saat ini. Orang mencari peluang untuk menjual dan mendapat untung,” ujar Freeman dikutip dari CoinDesk, Kamis, 7 April 2022.

"Kami pikir, dalam jangka panjang, Bitcoin dan kripto adalah tempat yang sangat bagus untuk menempatkan beberapa persentase dari portofolio Anda,” pungkas dia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat