uefau17.com

Volunteer, "Emas" di Ajang Jakarta Marathon 2013 - Citizen6

Citizen6, Jakarta: Kegiatan bertaraf internasional, Jakarta Marathon yang digelar pada Sabtu 27 Oktober 2013 kemarin berakhir dengan sukses.

Acara yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Mari Elka Pangestu tersebut menyimpan berbagai kisah menarik. Tak kalah menariknya, kegiatan Jakarta Marathon juga dihadiri para volunteer.

Para volunteer Jakarta Marathon berkaos merah terlihat sangat bersemangat menjalankan tanggung jawabnya. Mereka saling gotong-royong untuk membantu rekan-rekan volunteer lainnya, walaupun sebelumnya mereka tidak saling mengenal satu sama lain.

Panasnya terik matahari Jakarta tidak menyurutkan senyum mereka. Mereka bahkan berusaha memberikan passion yang terbaik yang menjadi ciri khas sifat volunteer untuk mendukung kegiatan Jakarta Marathon minggu pagi kemarin. Tentu saja untuk memastikan kelancaran aktivitasnya, di setiap bagian dari area pekerjaan mereka, telah ditunjuk seorang koordinator sebagai pemberi komando volunteer dan penanggung jawab.

Dari hasil perbincangan dengan beberapa volunteer, beberapa dari mereka bahkan ada yang tidak pulang sejak Sabtu 27 Oktober 2013 sebelum waktu pelaksanaan kegiatan. Hal ini membuat pihak penyelenggara acungi jempol buat mereka karena telah berhasil menyeleksi volunteer dengan tepat. Sesuai dengan prinsip "The right man on the right position!"

Ketika berusaha menyingkap apa yang menjadi motivasi semangat bekerja mereka, didapat bahwa mereka mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut berupa sertifikat atau surat referensi. Sertifikat tersebut akan diberikan setelah mereka selesai menjalankan tugasnya, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi dan dukungan volunteer.

Bahkan bisa jadi pihak penyelenggara akan memberikan mereka uang pengganti transportasi yang tidak disebutkan nominalnya. Suatu bentuk kerjasama khas yang mengagumkan! Mengapa? Karena kerjasama ini menjadikan minat dan passion sebagai landasannya. Bagi penyelenggara, para volunteer ini adalah "emas". (Riche Parlina/mar)

Riche Parlina adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat