uefau17.com

Tanpa Dipresto, Ini Trik Efektif Empukkan Iga Sapi Lebih Cepat dan Hemat Gas - Citizen6

, Jakarta Sup iga merupakan salah satu olahan daging sapi ternikmat, terlebih lagi jika dagingnya begitu lumer dan mudah copot dari tulang.

Meski demikian, memasak iga sapi agar empuk membutuhkan teknik khusus. Jika teknik yang digunakan tidak tepat, maka iga sapi justru akan alot.

Cara paling cepat dan ampuh untuk mengempukkan iga sapi tentu saja dengan menggunakan alat presto. Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat ini.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan cara alternatif ini yang dibagikan oleh pemilik kanal YouTube/Mama Alvin. Simak bahan dan langkah-langkahnya yang  akan dijelaskan pada Senin (17/06/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Iga Selama 1 Menit

Pertama-tama, siapkan panci berisi air yang cukup lalu masukkan semua potongan iga sapi. Jika sudah, tambahkan serai, daun salam dan satu sendok teh garam.

Ketiga bahan ini berfungsi untuk mengangkat kotoran pada iga sapi agar tidak bau amis. Tanpa perlu menunggu mendidih, tutup panci dan nyalakan kompor dengan api sedang untuk merebus selama satu menit.

3 dari 11 halaman

Rebus Lagi dalam Air Mendidih

Setelah satu menit, buka tutup panci untuk segera meniriskan iga sapi. Bisa dilihat bahwa buih, darah dan kotoran iga sapi sudah terangkat ke permukaan.

Usai ditiriskan, siapkan lagi air rebusan yang baru untuk dipanaskan dahulu sampai mendidih. Masukkan iga sapi ke rebusan yang mendidih tersebut untuk direbus lagi selama sepuluh menit dalam keadaan tertutup.

4 dari 11 halaman

Diamkan Selama 25 Menit

Sesudah direbus selama sepuluh menit, jangan angkat tutup panci dan biarkan saja selama dua puluh lima menit. Pada tahap ini, rebusan yang telah mendidih akan bereaksi dalam mengempukkan iga sapi.

5 dari 11 halaman

Iga Sapi Jadi Sangat Empuk

Jika sudah dua puluh lima menit, sekarang angkat tutup panci untuk diperiksa. Bisa dilihat, daging iga sapi sudah terlihat hampir copot dari tulangnya, yang menandakan iga sapi jadi sangat empuk.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Iga Sapi

7 dari 11 halaman

Iga Sapi Itu Bagian Apa?

Iga Sapi atau rib adalah daging sapi yang berasal dari area sekitar tulang rusuk atau tulang iga. Ini merupakan salah satu dari delapan bagian utama daging sapi yang sering dimakan.

8 dari 11 halaman

Iga Sapi untuk Apa?

Ada banyak manfaat dari konsumsi iga sapi. Ini adalah sumber protein yang kaya, kandungan zat besi yang penting, serta memiliki kolagen yang bermanfaat. Selain itu, dapat meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.

9 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Tulang Iga?

Tulang rusuk, juga dikenal sebagai iga, adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk dalam anatomi. Fungsinya adalah melindungi dada, yang mencakup paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Iga Sapi Direbus?

Pertama-tama, iga direbus dalam air mendidih sampai kotoran keluar. Setelah proses tersebut, air diganti dan iga direbus kembali menggunakan panci presto selama sekitar 45 menit. Setelah matang, iga siap dijadikan sup iga.

11 dari 11 halaman

Kenapa Iga Sapi Enak?

Koki terkenal Rudy Choirudin menyebutkan bahwa iga sapi merupakan bagian yang paling nikmat ketika diolah menjadi hidangan. Menurutnya, bagian tersebut mencakup beragam komponen seperti tulang, daging, otot, urat, dan lemak yang menyatu menjadi satu kesatuan, sehingga memberikan rasa yang lezat. Hal ini disampaikan oleh Chef Rudy saat diwawancarai di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat