uefau17.com

7 Tanda yang Menunjukkan Anda Memiliki Empati Tinggi - Citizen6

, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lain. Bukan hanya mereka memiliki sifat introvert, extrovert, atau bahkan ambivert, ada juga yang memiliki empath atau seseorang yang memiliki empati yang cukup tinggi, hingga terkesan sensitif.

Coba ingat-ingat kembali, apakah Anda pernah masuk ke sebuah pesta, dan tanpa mengucapkan sepatah kata pun, rasanya Anda sudah merasakan energi yang berputar-putar di sekitar ruangan?

Mungkin Anda juga sempat merasakan sensasi ini di bagian lain saat sedang berada di luar rumah. Di mana saat Anda sedang berbelanja di sebuah toko, Anda merasa tertarik untuk membantu orang di luar yang sedang kesusahan dan meminta uang.

Selain itu, mungkin saja saat sarapan bersama orangtua, Anda pasti akan ikut tertawa karena tertular oleh tawa mereka saat sedang menceritakan kisah lucu tentang tetangga yang eksentrik. Jika Anda merasa berada dalam radar emosional yang mendeteksi perasaan yang biasanya tidak diucapkan dengan lantang, Anda mungkin saja seorang empath.

Pada intinya, menjadi empath berarti memiliki kepekaan yang tinggi terhadap emosi baik individu maupun kelompok dan seringkali tanpa memerlukan komunikasi verbal.

Dari menjadi orang kepercayaan teman hingga mengalami pasang surut emosi kehidupan seperti spons manusia, melansir dari The Expert Editor, Minggu (20/8/2023), berikut beberapa tanda-tanda Anda mungkin seorang empath dan bahkan tidak menyadarinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidak memerlukan kata-kata untuk mengerti

Jika Anda merasa dapat memahami apa yang orang katakan, terutama ketika mereka berbagi pengalaman yang sangat pribadi atau menyedihkan, tanpa mereka perlu menjelaskan secara panjang lebar, ada kemungkinan besar Anda adalah seorang empath.

Empath sering menampilkan pemahaman intuitif tentang lapisan yang membentuk emosi manusia. Ini berarti bahwa dalam banyak interaksi sosial, mereka dapat menyelami inti suatu situasi tanpa perlu penjelasan panjang lebar.

2. Suka menghabiskan waktu di alam

Walaupun hal ini terdengar sedikit agak aneh, akan tetapi saat Anda sangat menyukai alam bebas, Anda mungkin seorang empath.

Hal ini karena orang-orang dengan kepekaan yang tinggi dapat terhubung dengan lingkungan alami mereka secara mendalam. Seperti misalnya mereka mampu untuk menyesuaikan diri dengan gemerisik dedaunan yang damai, deburan sungai yang menenangkan, dan warna-warni medan pegunungan yang mempesona.

Empath justru merasa kewalahan oleh rangsangan dunia modern. Dengan demikian, alam menawarkan istirahat yang sangat dibutuhkan dari kekacauan, memungkinkan mereka dapat menemukan harmoni dan memperbarui tingkat energi mereka.

3 dari 5 halaman

3. Tahu kapan orang lain membutuhkan bantuan

Empath membutuhkan sedikit dorongan untuk mengulurkan tangan yang menghibur, telinga yang mendengarkan, atau kata yang menyentuh hati.

Anda dapat merasakan dengan tepat saat Anda dibutuhkan. Hal ini membuat Anda tidak membuang waktu untuk melakukan semua pekerjaan yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan atau hanya menjadi kehadiran yang positif selama tantangan pribadi teman atau anggota keluarga lainnya.

4. Disukai oleh para hewan

Apakah Anda sering merasa ada hewan-hewan suka mendekati Anda saat sedang sendirian? Atau mereka tertarik pada Anda dan juga tetap bersama Anda begitu lama karena mereka bosan dengan manusia lain di sekitar kalian berdua?

Jika jawabannya iya, maka itu pertanda sangat baik bahwa Anda mungkin seorang empath. Alasannya karena empath memancarkan energi yang tenang dan positif, yang dapat dirasakan oleh hewan. Getaran yang harmonis dan aman ini dapat menarik hewan yang mencari kenyamanan, ingin diasuh, dan mengajak bermain bersama.

4 dari 5 halaman

5. Memiliki impian yang sangat jelas

Apakah Anda pernah merasa bahwa impian Anda sangat jelas? Mimpi dan impian seorang empath terkadang dapat dipengaruhi oleh kepekaan mereka yang tinggi dan hubungan emosional yang mendalam dengan orang lain.

Meskipun impian mereka mungkin tidak sepenuhnya berbeda dari impian non-empath, ada beberapa aspek yang mungkin menonjol.

Empath mungkin memiliki mimpi yang intens dan hidup secara emosional. Kemampuan mereka untuk merasakan secara mendalam dapat diterjemahkan ke dalam mimpi yang membangkitkan perasaan yang kuat, baik positif maupun negatif.

Selain itu, mereka juga mungkin memiliki mimpi di mana mereka akan mengambil emosi atau perspektif orang lain, seperti pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat mengarah pada mimpi di mana mereka menavigasi lanskap emosional yang kompleks.

5 dari 5 halaman

6. Sering merasa lelah setelah pertemuan sosial

Sama seperti seorang introvertempath sering merasa terkuras secara emosional setelah menjalani pertemuan sosial tertentu. Terutama yang melibatkan emosi yang intens, kerumunan besar, atau interaksi yang berkepanjangan.

Di tempat-tempat ramai atau di acara-acara dengan emosi yang tinggi, empath mungkin merasa terbebani oleh gabungan emosi dari setiap orang yang hadir. Karena empath kadang-kadang dapat secara alami menyerap emosi orang-orang di sekitar mereka, dalam lingkungan atau percakapan yang bermuatan emosional, mereka tanpa sadar dapat mengambil perasaan orang lain, dan ini dapat menyebabkan kelelahan.

7. Berjuang untuk menetapkan batasan emosional yang jelas

Apakah Anda pernah merasa seperti Anda berjuang untuk menetapkan batasan? Maka itu adalah indikator bahwa Anda mungkin seorang empath. Banyak empath bergumul dengan menetapkan batasan pribadi.

Kecenderungan alami mereka untuk memahami, menyerap, dan terhubung dengan emosi orang lain dapat menimbulkan tantangan dalam menjaga pemisahan antara perasaan mereka sendiri dengan emosi orang-orang di sekitar mereka.

Karena empath benar-benar peduli dengan kesejahteraan orang lain dan ingin membantu meringankan rasa sakit mereka, mereka mungkin memprioritaskan emosi orang lain daripada emosi mereka sendiri, sehingga mengabaikan kebutuhan mereka sendiri dalam prosesnya.

Selain itu, empath sering takut bahwa menetapkan batasan dapat menyebabkan jarak emosional dari orang yang dicintai. Mereka khawatir bahwa menyatakan kebutuhan mereka dapat ditafsirkan sebagai keegoisan atau kurangnya empati.

Jika Anda seorang empath dan bergumul dengan batasan, penting untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, belajar membedakan antara perasaan Anda sendiri dan perasaan orang lain, dan mempraktikkan perawatan diri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat