uefau17.com

Apa Itu Cedera ACL yang Bikin David Silva Harus Pensiun di Usia 37 Tahun? - Citizen6

, Jakarta Legenda Manchester City David Silva telah mengumumkan pengunduran dirinya. Pemain internasional Spanyol itu terpaksa pensiun pada usia 37 tahun setelah mengalami cedera ligamen anterior (ACL) selama latihan pramusim bersama klub La Liga Real Sociedad.

Berkaca dari kasus David Silva, cedera ACL adalah salah satu cedera yang amat rawan jika dialami oleh pemain sepakbola. Melansir dari Hippocraticpost, Saket Tibrewal, Konsultan Trauma dan Ahli Bedah Lutut Ortopedi di Rumah Sakit Cromwell, menjawab pertanyaan paling umum seputar cedera ACL dan apa yang harus dilakukan jika Anda mendapatkannya?

Apa itu cedera ACL?

Lutut Anda adalah sendi engsel yang terdiri dari tiga tulang: tulang paha (tulang paha), tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patela). Tulang-tulang ini dihubungkan oleh pita jaringan yang disebut ligamen. Ligamen adalah struktur yang menyatukan tulang dan membantu mengendalikan gerakan sendi.

Ada empat ligamen lutut utama: ada ligamen di setiap sisi lutut yang disebut ligamen agunan, dan dua ligamen jauh di dalam sendi yang disebut ligamen cruciatum, yang saling bersilangan.

Anterior cruciate ligament (ACL) berjalan melalui bagian tengah lutut. ACL membantu mengontrol gerakan rotasi lutut serta mencegah tulang kering meluncur ke depan di depan tulang paha.

Sebagian besar cedera ACL terjadi selama olahraga yang melibatkan perubahan arah secara tiba-tiba, seperti sepak bola atau ski. Cedera ACL juga bisa disebabkan oleh pembengkokan atau pelurusan kaki yang berlebihan, pukulan pada lutut, gerakan memutar, atau pendaratan yang canggung saat melompat, misalnya saat bermain basket, netball, rugby.

Cedera ACL lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, dan atlet wanita empat hingga delapan kali lebih mungkin menderita cedera ACL daripada rekan pria mereka.

Apa saja gejala cedera ACL?

Jika Anda melukai ACL, Anda mungkin mendengar suara letupan dan merasakan nyeri hebat di lutut. Lutut Anda mungkin terasa tidak stabil dan lemas, atau terasa seperti mau bergerak, dan Anda mungkin tidak dapat menahan beban apa pun di atasnya.

Jika Anda berolahraga, Anda tidak mungkin dapat melanjutkan karena Anda tidak akan dapat berjalan di atasnya. Anda biasanya akan mengalami pembengkakan di sekitar sendi lutut Anda dalam satu atau dua jam, dan Anda mungkin kehilangan seluruh gerakan di lutut Anda.

Anda perlu menemui dokter atau fisioterapis untuk mendapatkan diagnosis cedera yang akurat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana cara mengobati cedera ACL?

Jika Anda mengalami cedera, penting bagi Anda untuk mencari pertolongan sesegera mungkin, ini bisa dari dokter atau fisioterapis yang dapat membantu dengan pengobatan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi pembengkakan, nyeri, dan membantu pemulihan.

Perawatan yang Anda tawarkan untuk cedera ACL Anda akan bergantung pada seberapa parah kerusakannya dan seberapa aktif Anda biasanya. Perawatan awal adalah untuk mengontrol rasa sakit dan bengkak Anda menggunakan metode POLICE. Perawatan lebih lanjut mungkin termasuk fisioterapi, penghilang rasa sakit dan jika diperlukan, pembedahan.

Metode POLICE:

  • P: Protect – Lindungi cedera dari kerusakan lebih lanjut. Anda mungkin perlu istirahat setelah cedera, dan pertimbangkan untuk menggunakan beberapa bentuk penyangga atau bidai.
  • OL: Optimal Loading – Beban optimal, mulailah beri beban cedera Anda dan tingkatkan jangkauan mobilitas Anda.
  • I: Ice – Es, letakkan kompres dingin seperti sekantong es atau kacang polong beku, dibungkus dengan handuk di atas luka.
  • C: Compress – Kompres bagian yang terluka menggunakan perban untuk membantu mengurangi pembengkakan.
  • E: Elevate – Tinggikan cedera.

 

3 dari 4 halaman

Bagaimana cara mencegah cedera ACL?

Program pencegahan cedera adalah kunci dalam mengurangi cedera ACL. Mereka telah terbukti mengurangi risiko cedera ACL hingga 50% pada semua atlet, dan dua pertiga pada atlet wanita yang mengalami cedera ACL non-kontak.

Beberapa tip lainnya adalah:

  • Selalu lakukan pemanasan dengan benar sebelum bermain olahraga apa pun
  • Pastikan untuk memasukkan peregangan ke dalam rutinitas Anda, khususnya paha, betis, dan pinggul Anda.
  • Perkuat pinggul dan paha Anda karena memberikan dukungan pada lutut Anda dan dapat membantu mencegah cedera ACL. Squat, walking lunges, dan penguatan otot perut adalah beberapa latihan yang harus Anda lakukan dalam rutinitas Anda.
  • Keseimbangan, ketangkasan, lompatan, dan pendaratan semuanya dapat ditingkatkan dengan latihan
  • Istirahat sangat penting.

 

4 dari 4 halaman

Mengapa cedera ACL begitu umum di sepak bola?

Cedera ACL sangat umum terjadi pada olahraga apa pun yang melibatkan gerakan memutar seperti sepak bola, rugby, bola jaring, dan ski. Jika Anda memikirkan pelari jarak jauh, mereka berlari dalam garis lurus, jadi ACL mereka tidak sepenting gerakan dan performa mereka seperti dalam olahraga lainnya.

Saat kita berpikir tentang gerakan pemain sepak bola – mereka berlari, melompat, mendarat, berputar, dan berbelok. Semua gerakan tiba-tiba ini memberikan kekuatan yang sangat besar melalui lutut, dan ketika ACL tidak dapat mengatasi kekuatan ini, ACL akan pecah.

Selain itu, lemparan menjadi lebih keras dan kencang yang tidak membantu, kecepatan permainan meningkat, dan pemain memainkan lebih banyak permainan. Jika Anda menggabungkan semua faktor ini, inilah mengapa kita melihat lebih banyak cedera ACL di sepakbola.

Alasan lain mengapa sepak bola tampaknya sangat terkait dengan cedera ACL hanyalah karena popularitas olahraga tersebut, dan oleh karena itu banyaknya jumlah cedera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat