uefau17.com

Apakah Anda Pernah Disebut Old Soul? Ketahui Tanda-Tandanya - Citizen6

, Jakarta - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah old soul atau jiwa tua. Istilah yang satu ini memang sering diucapkan kepada orang-orang yang memiliki karakteristik orang dewasa, tapi tidak sesuai dengan usia aslinya. Jadi dapat disimpulkan kalau orang tersebut jauh lebih bijaksana dan matang dibandingkan teman sebayanya.

Selain itu, biasanya orang dengan kepribadian old soul ini sering sekali menjadi tumpuan teman-temannya karena dianggap mampu menjadi pendengar yang baik dan bisa menyelesaikan masalah mereka.

Nah, apakah Anda termasuk seseorang dengan keingintahuan yang cukup tinggi, bijaksana, dan juga tenang? Atau bahkan dalam pertemanan, Anda sering disebut sebagai "jiwa tua?" Kalau iya, bisa jadi Anda mungkin termasuk salah satu old soul.

Lantas bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda merupakan old soul atau tidak? Dikutip dari Mindbodygreen, Rabu (12/7/2023), berikut ulasan mengenai old soul dan tanda-tandanya.

Apa yang Dimaksud dengan Old Soul? Ini Faktanya

Anda akan mengetahui apakah seseorang termasuk old soul atau bukan jika sudah bertemu langsung dengan mereka. Mereka mungkin tampak bijak melebihi usianya, dewasa, membumi, dan tidak tertarik pada hal-hal yang biasa.

Menurut konselor intuitif Randi Merzon, konsep old soul didasarkan pada gagasan bahwa tubuh kita adalah wadah bagi jiwa, dan menurutnya old soul adalah seseorang yang terus bereinkarnasi untuk menyembuhkan atau menyelesaikan perjanjian karma.

Tentu saja, tergantung pada apa yang Anda yakini dan bagaimana Anda berhubungan dengan spiritualitas, cara berpikir lain tentang old soul adalah gagasan bahwa kita semua mungkin adalah inkarnasi yang berbeda dari kekuatan hidup universal. Jadi bisa dikatakan bahwa old soul merupakan sebuah tingkat yang lebih dalam selama masa hidup itu.

Sebagai pemandu spiritual dan penulis Sacred Landscapes of the Soul, Karen Brailsford menambahkan, "Saya percaya ada keabadian atau keabadian yang bisa kita akses—kebijaksanaan bawaan dan kebenaran inti ini. Dalam beberapa hal, orang mungkin mengatakan kita semua merupakan old soul, dan mungkin dalam kehidupan yang berbeda kita menjelajahi aspek yang berbeda dari itu."​

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Anda Adalah Seorang Old Soul

Setelah mengetahui fakta tentang old soul, berikut adalah tanda-tanda yang dimiliki jika Anda ternyata salah satunya:

  • Harta benda bukanlah hal yang penting

Tahukah Anda, kalau salah satu karakteristik dari seorang old soul adalah mereka tidak terlalu memikirkan materi, alias tidak matre. Sekalipun mereka memiliki harta berharga, mereka tidak terlalu memedulikannya.

Bagi mereka, hidup di dunia memang membutuhkan materi. Namun ada sesuatu yang jauh lebih penting dari itu dan tidak dapat diukur dengan uang sekalipun. 

  • Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Seseorang yang memiliki old soul biasanya sangat mengutamakan kebenaran dan kebijaksanaan. Maka tidak mengherankan, jika mereka mempunya rasa ingin tahu yang tinggi tentang apa yang terjadi di seluruh dunia dan ingin mempelajarinya secara menyeluruh.

Hal ini pun juga termasuk mencari informasi seputar hubungan dengan anggota keluarga atau teman yang dikembangkan melalui pengalaman tersebut.

  • Gampang terhubung dengan sesuatu di sekitar mereka

Old soul tidak hanya merasa sangat terhubung dengan Tuhan atau alam semesta, tapi mereka juga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang di kehidupan mereka, tidak terkecuali orang asing sekalipun. Bisa jadi karena mereka selalu merasa terhubung dengan sesuatu dan menyenangi koneksi.

3 dari 4 halaman

Tanda Lain Seorang Old Soul

  • Membutuhkan waktu untuk menyendiri

Walaupun old soul gampang terkoneksi dengan orang-orang di sekitar mereka, akan tetapi mereka juga perlu waktu untuk diri sendiri, sehingga mampu "menyetel ulang baterai sosial" mereka.

Biasanya, mereka mungkin akan tertarik untuk meditasi atau menghabiskan waktu dengan kesendirian. Bukannya mereka tidak menikmati kebersamaan dengan orang lain, tapi mereka juga membutuhkan waktu untuk diri sendiri seperti introvert.

  • Mempunyai bakat terpendam

Apakah Anda menyukai musik dan bisa bermain biola tanpa perlu latihan yang keras? Atau Anda mungkin bisa membuat kue secara otodidak, meskipun tidak ada yang mengajari dan tidak ada keluarga yang bisa membuat kue?

Nah, memiliki bakat dalam bidang tertentu, bisa menjadi salah satu tanda old soul. Apalagi jika berhubungan dengan reinkarnasi, bisa disimpulkan bahwa bakat yang dimiliki saat ini, mungkin pernah dilakukan di masa lalu.

4 dari 4 halaman

Apakah Anda Masalah Jika Menjadi Old Soul?

Meskipun old soul terkesan bijaksana dan cukup hebat, tapi Anda atau orang lain mungkin akan mendapatkan beberapa kesulitan. Seperti misalnya bagaimana cara menyeimbangkan pikiran dengan kehidupan di luar sana, termasuk hubungan bersama keluarga atau teman-teman sekitar.

Untuk itulah, dengan berteman dengan orang-orang yang sefrekuensi dengan Anda bisa sangat mendukung. Selain itu, sangat penting untuk mencari keseimbangan antara kebijaksanaan dan kesenangan dalam hidup. 

Hal ini mungkin memang terdengar sedikit tidak bisa dipercaya. Ada begitu banyak cara kita dapat berpikir tentang jiwa, lama dan baru. Apakah kita semua adalah inkarnasi yang bervariasi dari jiwa yang sama, atau memang ada jiwa yang lebih muda dengan yang lebih baru. Namun satu hal yang pasti, kita hidup untuk merasakan banyak pengalaman dan pemahaman, sehingga mampu mengatasi dan tentangan yang akan terjadi ke depannya.

Nah, itu tadi penjelasan singkat serta tanda-tanda seseorang adalah old soul atau jiwa tua. Setelah membacanya, apakah Anda ternyata salah satunya? Semoga artikel di atas bisa bermanfaat, ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat