uefau17.com

Profil Michelle Yeoh, Aktris Asia Pertama Penyabet Piala Oscar Best Actress - Citizen6

, Jakarta - Aktris asal Malaysia berdarah Tionghoa, Michelle Yeoh berhasil memenangkan Piala Oscar 2023 untuk kategori Aktris Terbaik. Aktingnya di dalam film Everything Everywhere at All Once berhasil meraih Piala Oscar 2023 yang baru saja dihelat pada 13 Maret 2023.

Kemenangan Yeoh lantas mencetak sejarah baru pada gelaran Academy Awards ke-95 yang diselenggarakan di Long Angeles. Pasalnya, selain menjadi Piala Oscar pertama bagi Michelle Yeoh, ia juga menjadi perempuan Asia pertama yang berhasil meraih kemenangan dalam kategori Best Actress.

Atas pencapaiannya itu, wanita berusia 60 tahun itu tak kuasa menahan haru. Ia juga menyampaikan pesan yang powerfull lewat pidatonya di atas panggung Oscar.

Michelle Yeoh berpesan kepada anak-anak, terutama para keturunan Asia, bahwa mereka juga berhak untuk merawat harapan serta cita-cita mereka.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini adalah bukti nyata dari sebuah mimpi," ucap Yeoh, Senin (13/3/2023).

Nah, jika kamu penasaran seperti apa profil aktris Asia pertama peraih Piala Oscar ini, berikut ini rangkum profil Michelle Yeoh dari berbagai sumber:

Michelle Yeoh lahir di Ipoh, Malaysia pada 6 Agustus 1962. Yeoh memiliki nama asli Yeoh Choo Kheng yang lahir dari keluarga yang terbilang berada. Ia diketahui memiliki keturunan Hokkian, berbicara bahasa Ingris dan Melayu sebelum bahasa Mandarin.

Sebelum dikenal sebagai aktris yang kerap memainkan film aksi, Yeoh memiliki segudang aktivitas fisik. Dilansir dari Britannica, Selasa (14/3/2023), Yeoh aktif di berbagai kegiatan seperti berenang, basket, dan memiliki ketertarikan pada balet.

Saat remaja, ia belajar di Royal Academy of Dance di London, namun ia mengalami cedera punggung yang membuat mimpinya untuk menjadi pebalet profesional kandas.

Di tahun 1983, sang ibu memasukkan Yeoh ke dalam kontes Miss Malaysia. Setelah memenangkan kontes tersebut, ia muncul dalam iklan bersama Jackie Chan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktris Legendaris Hong Kong

Kemunculan Michelle Yeoh dalam iklan bersama Jackie Chan menarik perhatian perusahaan produksi film Hong Kong, D&B Films.

Yeoh memulai karier filmnya berakting dalam film aksi dan seni bela diri seperti 'Yes, Madam' pada tahun 1985, di mana ia melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya tersebut.

Tidak pernah menjadi seniman bela diri yang terlatih, Michelle mengandalkan kemampuan tariannya yang siap untuk mempersiapkan adegan aksi seni bela diri. Dia menggunakan banyak gerakan tarian dalam filmnya dan melakukan sebagian besar aksinya sendiri.

Pada tahun 1988, Michelle menikah dengan Dikson Poon, direktur D&B Group di Hong Kong dan ia memutuskan berhenti dari dunia peran. Sayangnya, pernikahannya itu tak bertahan lama dan keduanya bercerai pada 1992.

Usai perceraian tersebut, Michelle kembali di dunia hiburan dan membintangi film 'Police Story: Supercop'. Nama Michelle kemudian dikenal oleh penonton Barat melalui peran dalam film James Bond Tomorrow Never Dies (1997) dan Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang sukses secara fenomenal.

3 dari 3 halaman

Kisah Cinta Michelle Yeoh

Setelah ia debut berakting di Hong Kong, ia menikah dengan pengusaha Dickson Poon pada tahun 1988.

Namun, pernikahan itu tidak berlangsung lama dan hanya bertahan sampai 1992. Kemudian, ia bertunangan dengan ahli jantung di Amerika, Alan Heldman.

Ia kembali berkencan dengan Jean Todt, seorang eksekutif motor sport asal Prancis pada 2004. Keduanya mengumumkan pertunangan pada 2005. Hingga kini, Todt dan Michelle masih menjalin hubungan pertunangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat