uefau17.com

5 Alasan Ilmiah Memiliki Jenggot Buat Pria Lebih Sehat - Citizen6

, Jakarta - Saat ini tak sedikit pria yang memilih untuk membiarkan jenggot mereka tumbuh. Tentu banyak yang sependapat bahwa jenggot dapat sepenuhnya mengubah penampilan pria, dan beberapa pria menumbuhkannya saat mereka menginginkan perubahan drastis, sementara yang lain menolak untuk mencukurnya. 

Tentu ada alasan bagi pria yang tak mau menumbuhkannya. Mungkin banyak yang menganggap bahwa memiliki jenggot perlu perawatan ekstra. Ya, seperti yang kita tahu jenggot harus sering dirawat dan dirapikan. 

Namun, bagi sebagian lagi memiliki jenggot dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri. Tapi tahukah Anda, bahwa selain membuat penampilan lebih menarik, memiliki jenggot juga membuat pria lebih sehat

Berikut beberapa alasan ilmiah memiliki jenggot membuat Anda lebih sehat dilansir dari Yourtango, Minggu (5/2/2023).

1. Membantu mencegah kanker

Menurut peneliti dari University of Southern Queensland, jenggot yang lebat dapat membuat pemiliknya terlihat lebih baik dan lebih sehat. Untuk studi mereka, para peneliti menempatkan sekelompok manekin berjenggot dan tidak berjenggot di bawah sinar matahari pedalaman Australia.

Ketika mereka melihat jumlah radiasi yang diserap oleh setiap peserta manekin, para peneliti menemukan bahwa jenggot menghalangi 90 Ketika mereka melihat jumlah radiasi yang diserap oleh setiap peserta manekin, para peneliti menemukan bahwa jenggot menghalangi 90 hingga 95 persen sinar radiasi ultraviolet berbahaya dari wajah manekin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memperlambat proses penuaan

Rambut wajah yang tebal seperti jenggot membantu menjaga kelembapan kulit, dan ditambah dengan paparan sinar matahari yang lebih sedikit berarti lebih sedikit kerutan dan kerusakan kulit.

Sayangnya, jenggot bisa membuat pria terlihat lebih tua dan lebih terhormat, jadi fakta bahwa Anda tidak menua di bawah semua rambut itu mungkin harus menjadi rahasia Anda.

3. Mengurangi infeksi

Tidak mencukur jenggot berarti tidak ada rambut yang tumbuh ke dalam, tidak ada infeksi bakteri, dan tidak ada folikulitis (di mana folikel rambut meradang oleh bakteri atau jamur).

3 dari 4 halaman

4. Jenggot membantu membuat alergen keluar

Sama seperti bulu hidung, bulu wajah berfungsi sebagai filter dan membantu mencegah zat penyebab alergi seperti serbuk sari dan debu. Jenggot adalah penjaga alergen yang menjengkelkan di wajah Anda.

5. Mencegah masuk angin

Jenggot dapat membantu Anda tetap hangat, dan virus flu berkembang biak di lingkungan yang lebih dingin. Hal ini bisa membantu Anda untuk terhindar berbagai penyakit seperti flu. 

4 dari 4 halaman

15 Cara Menumbuhkan Jenggot Secara Alami, Efektif dan Aman untuk Kamu Coba di Rumah

Cara menumbuhkan jenggot dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan beragam jenis bahan alami yang mudah untuk ditemui dan didapatkan. Tidak sedikit orang yang ingin menumbuhkan jenggotnya untuk alasan penampilan. Sebab, jenggot dipandang sebagai simbol kejantanan bagi sebagian orang atau kelompok.

Pertumbuhan jenggot pada seseorang banyak dipengaruhi oleh faktor hormon dan juga genetik. Itu sebabnya, tidak semua orang bisa memiliki jenggot tebal. Akan tetapi, cara menumbuhkan jenggot secara alami dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan ini.

Ada berbagai cara menumbuhkan jenggot secara alami yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Cara-cara tersebut menggunakan berbagai bahan alami yang dapat dengan mudah kamu temukan dan juga kamu buat. Selain itu, cara menumbuhkan jenggot secara alami juga lebih aman untuk kamu gunakan.

Berikut ini adalah beberapa cara menumbuhkan jenggot secara alami yang dirangkum oleh dari berbagai sumber.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang memiliki beragam khasiat, khususnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Oleh sebab itu, lidah buaya juga banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit yang ada di pasaran. Lidah buaya sendiri bukan tanaman yang langka. Kamu dapat dengan mudah membelinya di pasaran. Kamu juga dapat menanamnya di halaman rumahmu untuk menghemat pengeluaran sekaligus mempercantik halamanmu.

Lidah buaya tidak hanya baik untuk merawat kecantikan kulit saja. Tanaman ini juga dapat kamu gunakan untuk menumbuhkan jenggot. Berikut ini adalah cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan lidah buaya:

- Bersihkan daun lidah buaya yang telah kamu siapkan terlebih dahulu, lalu kupaslah daun tersebut hingga kamu melihat gel yang terdapat di dalamnya.

- Ambillah gel lidah buaya yang ada di dalam daun tersebut.

- Oleskan gel lidah buaya ke bagian wajah Anda yang ingin ditumbuhi jenggot secara merata.

- Setelah itu, diamkan sejenak hingga gel mengering, kurang lebih selama 2 jam.

- Setelah gel lidah buaya tersebut mengering, bersihkanlah wajahmu dengan air bersih.

Mentega

Mentega adalah salah satu bahan yang banyak digunakan di dapur. Kamu dapat menggunakan mentega sebagai salah satu cara menumbuhkan jenggot secara alami dan natural. Akan tetapi, janganlah keliru antara mentega dengan margarin. Merk mentega yang umum kamu temukan di pasaran ialah Wijsman, Orchid, ataupun Elle. Harga mentega cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan margarin, akan tetapi mentega dapat membantumu untuk menumbuhkan jenggot secara alami dengan cukup efektif.

Berikut ini adalah cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan mentega:

- Pertama-tama, cucilah terlebih dahulu wajahmu menggunakan facial wash atau sabun muka hingga bersih.

- Setelah wajahmu bersih, oleskanlah mentega yang telah kamu siapkan di bagian wajah yang diinginkan untuk ditumbuhi jenggot.

- Setelah itu, diamkanlah sejenak selama kurang lebih 30 menit

- Kemudian, bersihkanlah wajahmu menggunakan sabun muka sampai benar-benar bersih dan lemak mentega luntur.

- Terakhir keringkanlah wajahmu menggunakan handuk bersih.

Selain itu, cara menumbuhkan jenggot secara alami menggunakan mentega juga dapat kamu lakukan sebelum tidur. Caranya adalah dengan mengoleskan mentega tipis saja di bagian wajah yang ingin ditumbuhi jenggot sebelum tidur lalu biarkan semalaman. Saat bangung, bilaslah wajahmu sampai bersih menggunakan sabun muka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat