uefau17.com

Dianggap Tak Sehat, Telur Puyuh Ternyata Punya 8 Kebaikan untuk Tubuh - Citizen6

, Jakarta - Telur burung puyuh menjadi salah satu bahan makanan yang mudah didapat. Telur bewarna putih dengan bintik-bintik cokelat ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil dari telur ayam rata-rata.

Namun, telur puyuh seringkali dihindari karena dianggap bisa menaikkan kadar kolesterol, ternyata kaya vitamin B1, B2, dan A. Selain itu, telur puyuh dikenal karena sumber protein yang baik untuk tubuh, dan bisa menjadi pengganti yang tepat bagi mereka yang alergi terhadap telur ayam.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi telur puyuh bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya, seperti melansir Boldsky, Rabu (29/4/2020).

1.   Mencegah Penyakit Kronis

Telur puyuh memiliki tingkat vitamin A dan vitamin C yang signifikan, yang bisa mencegah timbulnya banyak penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Obati Alergi dan Peradangan

Ovomucoid hadir dalam telur puyuh. Jenis protein ini bertindak sebagai komponen anti alergi alami. Peradangan, atau gejala lain dari reaksi alaergi bisa diatasi dengan bantuan telur puyuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Metabolisme

Vitamin B yang terkandung dalam telur ini bisa meningkatkan aktivitas metabolisme di seluruh tubuh, dengan meningkatkan fungsi hormon dan enzimatik. 

4. Meningkatkan Kekebalan

Telur puyuh bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Mereka membersihkan darah dari racun dan logam berat, meningkatkan kemurnian darah, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan aktivitas otak.

3 dari 4 halaman

5. Atasi Batuk dan Asma

Sifat antioksidan dalam telur puyuh bisa meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan.

Telur puyuh sangat tinggi vitamin A dan selenium. Oleh karena itu, mereka bekerja dengan baik dalam mengobati masalah pernapasan seperti batuk, asma dan TBC. 

6. Meringankan Sakit Perut

Telur puyuh bisa menjadi obat rumahan ajaib, untuk gangguan pencernaan seperti gastritis, tukak lambung, ulkus duodenum, dan lainnya.

Senyawa antioksidan yang basa dan kuat dalam telur ini akan menjaga masalah pencernaanmu tetap terkendali saat dikonsumsi secara teratur.

4 dari 4 halaman

7. Memperlambat Penuaan

Makan telur puyuh secara teratur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperlambat penuaan organ. 

Antioksidan, asam lemak vital, selenium, dan vitamin yang terdapat dalam telur puyuh menjadikannya agen anti-penuaan yang sempurna. Bisa diterapkan langsung ke kulit untuk kelembutan dan kelembapan.

8. Menjaga Sistem Saraf Sehat

Telur puyuh telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah stres, migrain, hipertensi, depresi, serangan panik dan penyakit kecemasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat