uefau17.com

Cuma dengan Jalan Kaki, Lansia Ini Berhasil Turun 54 Kg - Citizen6

, Jakarta - Banyak orang melakukan diet ketat atau olahraga mati-matian demi menurunkan berat badan. Ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Tapi lansia yang satu ini punya cara unik untuk mendapatkan berat badan yang ia inginkan.

Jessica Slaughter (86) telah berjuang melawan obesitas selama bertahun-tahun. Bahkan karena bentuk tubuhnya, ia sering dirisak oleh orang lain yang tak suka dengannya.

"Sebagai anak kecil pun, saya selalu menjadi yang paling gemuk di kelas. Saya sering diganggu. Saya tak tahu bagaimana berhenti makan," ungkap Jessica pada KSDK.

Saat memasuki usia 70-an, ia menyadari bahwa bila ia tidak melakukan perubahan, ia bisa mati pada saat tertentu. Wanita tua itu tahu, jika ia menjalankan rencana yang terlalu berat, ia akan gagal. Karena itu, ia memilih untuk mengikuti nasihat cucunya: berjalan kaki.

Jessica takut berjalan di luar rumah dengan risiko terjatuh yang besar. Ia kemudian memutuskan untuk berjalan dari ruang tamu hingga dapurnya.

Nenek itu kemudian berjalan 3.000 langkah setiap pagi, berputar di rumahnya sendiri. Ia melakukannya hingga berat badannya turun sebanyak 54 kg. Ya, berjalan kaki menjadi satu-satunya jenis olahraga yang ia lakukan.

Namun demikian, mengubah kebiasaan makan juga berkontribusi terhadap perubahan dirinya. Wanita itu berhenti makan daging sejak dokter memberitahunya bahwa diabetes tengah membayanginya.

"Setelah berat badan saya turun drastis, saya kembali ke dokter untuk pemeriksaan. Dokter mengatakan kesehatan saya lebih baik darinya."

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Menginspirasi Lansia Lainnya

Tentu saja hal tersebut tidak ia dapatkan dengan mudah. Jessica melakukan kebiasaan tersebut berbulan-bulan dan memastikan akan terus menjaga makannya serta berjalan kaki untuk ke depannya. Kini ia ingin membagi kisah hidup sehatnya pada lansia lainnya.

"Saya hanya ingin yang lain tahu bahwa meski kita telah mencapai usia tertentu, kita tak harus berhenti hidup. Tak perlu diet mahal, jadi anggota pusat kebugaran, atau beli alat olahraga."

Metode penurunan berat badan dengan berjalan didukung oleh banyak penelitian. Berjalan adalah salah satu bentuk latihan yang paling mudah tapi juga paling efektif yang bisa dilakukan seseorang.

Menurut Mayo Clinic, berjalan secara teratur dengan langkah yang cepat dapat membantu Anda menjadi bugar juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Jika tak terbiasa, Anda bisa mulai dengan lambat (5 menit setiap hari) hingga mencapai setidaknya 30 menit berjalan setiap hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat