uefau17.com

5 Hutan Pinus di Bandung Ini Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup - Citizen6

, Jakarta - Libur Lebaran kali ini berbarengan libur panjang pergantian tahun ajaran baru siswa sekolah. Tentu banyak keluarga yang sudah merencanakan untuk berlibur bersama anak-anak mereka. Jika kalian masih bingung dan belum memiliki rencana, mungkin kalian bisa terinspirasi untuk mencari tempat libur setelah mengetahui empat tempat kemping di hutan pinus di kawasan Bandung.

Baca Juga

  • Keren, 7 Bocah Ini Jadi Rebutan Perusahaan Besar Dunia
  • 5 Pekerjaan di Indonesia yang Tidak Mengenal Libur Lebaran
  • 5 Kota Paling Dingin di Indonesia, Serasa Tinggal di Eropa

Bandung Utara terutama memang dikenal dengan vegetasinya yang masih lengkap dan beraneka ragam. Bahkan Bandung Utara lekat dengan Taman Insinyur Haji Juanda yang memiliki luas hampir 590 hektar. Beberapa diantaranya yang masuk dalam kawasan Tahura Juanda seperti Tebing Keraton dan Maribaya.

Bandung Utara merupakan paru-paru kota Bandung. Di sinilah semua air hujan ditampung. Sayang keberadaannya kini justru semakin terancam dengan pembangunan pemukiman penduduk. Ditambah lagi pertumbuhan obyek wisata yang semakin subur membuat banyak wisatawan tertarik berinvestasi dengan membangun villa di kawasan Bandung Utara.

Lalu, di kawasan mana saja yang bisa dijadikan untuk kemping bersama keluarga? 

1. Bukit Bintang Bukit Moko Cimenyan

Meskipun Bukit Moko ini dikenal dengan tempat berkumpulnya para penggemar hammocking bukan berarti kalian tidak bisa kemping di sini. Bukit Bintang ini malahan bisa terlihat dari arah Tebing Keraton Bandung. Vegetasinya hampir mirip dengan yang ada di Tahura Juanda Bandung.

Saat paling tepat untuk menikmati suasana hutan pinus bukit Moko adalah pada saat sore hari. Saat itulah suara-suara tonggeret dan jangkrik saling bersahutan. Indah dan merdu bak melodi alam yang dirindukan. Apalagi jika cuaca dingin mulai menusuk. Jangan lupa bawa jaket yang tebal untuk menerpa angin malam yang menusuk.

Tiket masuk lokasi hanya Rp 8.000 dan HTM untuk kemping atau berkemah di Bukit Moko dikenai biaya sebesar Rp. 18.000/orang sudah termasuk dengan parkir kendaraan roda dua di sekitar area camping .

Alamat: Jalan Padasuka Cicaheum (Saung Angklung Udjo) Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

2. Grafika Cikole Lembang

Jalur ini merupakan jalur yang cukup padat pada saat weekend. Jadi disaranakan untuk datang pagi hari saat lalu-lintas masih sedikit lengang. Jika sudah terlanjur kesiangan, sebaiknya tidak melalui jalur dari arah Tol Pasteur Bandung karena akan sangat macet. Sebagai alternatif bisa keluar di tol Subang dari tol Cipali.

Grafika Cikole menyediakan paket camping keluarga dan juga bagi rombongan seperti klub motor. Satu paket kemping keluarga sudah termasuk sewa tenda dome atau tenda VIP Rp 460.000/tenda. Harga tersebut untuk kapasitas 4 orang yang sangat cocok untuk keluarga kecil bahagia.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang mudik, bisa dibaca di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat