uefau17.com

Volunteer-ing, Hobi Baru yang Banyak Manfaatnya - Citizen6

Citizen6, Jakarta Bergabung dengan suka rela tanpa pamrih, dan sangat dibutuhkan tenaga kerjanya. Itulah sebuah kalimat yang tepat untuk mendefinisikan kata volunteer atau relawan.

Menjadi volunteer pun bisa menjadi sebuah hobi baru yang bisa anda jalani. Selain membantu orang-orang yang terkena musibah atau membantu menjalankan event-event yang akan terselenggara, anda juga bisa mendapatkan banyak pengalaman yang berharga.

Anda bisa belajar banyak tentang bagaimana bekerja didalam satu tim, apalagi nantinya anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang sifat dan kebiasaannya pun belum anda pahami. Jika anda menjadi seorang volunteer di dalam sebuah musibah seperti gempa, gunung meletus atau sebagainya, anda bisa merasakan bagaimana kondisi para korban yang anda bantu, dan juga bisa belajar untuk menghibur mereka serta memulihkan mereka dari rasa trauma akibat musibah yang mereka alami.

Sedangkan, jika anda menjadi volunteer di dalam sebuah event, anda bisa belajar bagaimana membuat dan mengatur sebuah event yang bagus dan sukses. Terlebih lagi jika anda memang suka untuk bekerja didalam sebuah event. Karena sebuah event yang sukses pasti didalamnya terdapat sebuah tim kerja yang luar biasa dan anda bisa membuat bangga diri anda dengan hal tersebut.

“Jadi volunteer itu enak dan seru banget, selain kita dapat pengalaman, kita juga bisa ketemu sama orang-orang baru. Kita juga bisa sharing pengalaman dengan panitia-panitia bagaimana menangani sebuah event.

Selain itu, aktif jadi volunteer juga bisa dijadiin pengalaman yang bisa di tulis di dalam CV (Curriculum Vitae). Terus juga kita bisa ngerasain gimana rasanya kerja, terlebih lagi buat saya yang emang belum pernah ngerasain dunia kerja.

Walaupun terkadang kita bakal capek yang luar biasa dan keadaan yang hectic banget dalam suatu event, tapi setelah acara itu berakhir dan sukses, pastinya di dalam diri kita ada rasa bangga karena berhasil menjalankan pekerjaan kita itu.

Jadi volunteer itu asik dan capek banget tapi yang paling penting, jadi volunteer itu bikin nagih.” Ungkap Aninda salah satu narasumber yang sempat di wawancarai di salah satu kafe di daerah Tangerang. Aninda adalah salah satu contoh orang yang pernah menjadi volunteer di event-event festival. Keaktifannya dalam mengajukan diri sebagai volunteer membuatnya memiliki banyak pengalaman dan juga jejaring sosial dengan orang-orang yang sudah lebih berpengalaman.

Menjadi volunteer tentu lah sangat bisa membuat kita menjadi orang yang aktif, bisa bertemu dengan banyak orang dan mendapatkan banyak pengalaman baru.

Sangatlah penting bagi kita untuk bersifat proaktif agar bisa memiliki banyak jaringan sosial dengan sekitar, terutama untuk anak-anak muda. Apalagi di zaman sekarang ini, bukan hanya pendidikan tinggi saja, tapi orang-orang yang sangat berpengalaman pun juga sangat dicari dalam perekrutan kerja.

Untuk anda yang mungkin masih duduk di bangku kuliah atau sekolah dan belum merasakan bagaimana dunia kerja, menjadi volunteer bisa menjadi sebuah wadah untuk belajar seperti hal-nya di dunia kerja nanti. Belajar hal yang baru bisa membuat diri anda sendiri bangga.

Karena itu, cobalah untuk menjadi proaktif dengan mengajukan diri sebagai volunteer dan jadikan lah volunteer-ing sebagai hobi baru yang tentunya membawa banyak manfaat.

Pengirim:

Anita Fildzah

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@ 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat