uefau17.com

Hewan Ternak Hanyut Terbawa Banjir Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Kumpulannya - Cek Fakta

, Jakarta- Peristiwa hewan ternak hanyut saat banjir terjadi pada sejumlah wilayah, hal tersebut pun dijadikan bahan hoaks. Keberadaan informasi palsu ini tentu harus diwaspadai.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar hewan ternak yang hanyut terbawa banjir, berikut kumpulannya.

Unta Hanyut saat Banjir di Dubai

Cek Fakta mendapati klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 April 2024.

Unggahan klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai diawali dengan tayangan sapi yang hanyut di aliran air.

Dalam tayangan video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Banjir Bandang DIBliter Menghanyutkan Sapi Dan Kerbaukalau Banjir di ABUDABI MENGHANYUTKAN UNTA

JAGALAN LINGKUNGAN MUBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA JANGAN LAKUKAN PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR"

Kemudian dilanjutkan dengan tayangan sejumlah unta yang berada di tengah perairan, tayang lain menampilkan beberapa ekor unta terjebak di arus air yang mengalir deras.

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"The other side of Dubai The desert.

Animals in the flood".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kalo ditempatq banjir yg hanyut sapi kambing ayamKalo diabudabi ya unta#gajiandrfb #suparman #superman#ryangarcia #poledance #bikini #abudabi #burjkalifah #banjirdubai#uk #timesquare #oneprade #happyholiday #vollyball #mancingmania #winter #jetski#jepang #hongkong #ponorogo #uk #bolliwod #holywod"

Benarkah klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sapi Hanyut Terbawa Arus Banjir NTT

Cek Fakta  menelusuri klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT

 Cek Fakta  mendapati klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT, video sapi hanyut diunggah akun Faceboo Chunez Magandta, pada 4 April 2021. Video yang diunggah menampilkan sejumlah sapi yang terbawa arus sehingga hanya terlihat pada bagian kepalannya saja.

 Klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"20 orang warga korban banjir bandang di Desa Nelelamadiken, Ile Boleng, Flores Timur dievakuasi. Proses evakuasi korban bencana ini dibantu warga dari beberapa desa di Ile Boleng.

Saat ini sudah ada 20 orang meninggal dunia yang dievakuasi. Korban diduga masih terus bertambah sebab rata-rata rumah warga tertimbun lumpur. Para korban masih membutuhkan bantuan berupa tim medis, dokter, obat-obatan dan tenda.

#BanjirBandang #FloresTimur #Ntt #Evakuasi #KorbanBanjir #prayforntt"

Benarkah klaim video sejumlah sapi hanyut terbawa arus banjir NTT? Simak hasil penelusuran Cek Fakta  dalam halaman berikut ini.....

 

 

3 dari 4 halaman

Video Ratusan Sapi Hanyut saat Banjir di Blitar

Sebuah video yang diklaim ratusan sapi hanyut saat banjir menerjang Blitar, Jawa Timur beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube berjudul "Banjir Blitar Ratusan Sapi hanyut Kesungai".

Pada video tersebut, terlihat beberapa ekor sapi hanyut terbawa arus banjir. Video itu kemudian dikaitkan dengan banjir di Blitar yang menghanyutkan ratusan ekor sapi.

"JAWA TIMUR BERDUKA

RATUSAN SAPI HANYUT

TEPATNYA DI KAB BLITAR

BENCANA ALAM SAMPAEI

SEKARANG HUJAN BELUM REDA," tulis salah satu akun Facebook.

Benarkah dalam video tersebut ratusan ekor sapi hanyut ke sungai saat banjir menerjang Blitar? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat