uefau17.com

Raja Arab Saudi Dijadikan Bahan Hoaks, Simak Kumpulannya - Cek Fakta

, Jakarta- Raja Arab Saudi kerap dijadikan bahan hoaks yang mengkaitkan dengan beragam isu, informasi bohong ini tentu dapat menyesatkan jika dipercaya.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejumlah hoaks yang menjadikan Raja Arab sebagai bahannya, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks seputar Raja Arab Saudi.

Raja Arab Saudi akan Berikan Hak Pakai Tanah Jika Paslon AMIN Menang Pilpres

Cek Fakta mendapati klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Februari 2024.

Klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres berupa video Anies Baswedan sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Terakhir kami melihat ke depan dalam jangka panjang Mari kita lihat haji umroh Indonesia itu sebagai sebuah Project yang tidak ada batas usianya.

Jangan pandang ini sebagai sebuah Project yang ada batas usianya, selama sebelum kiamat Insya Allah Kita Masih Terus mengirimkan Haji berangkat dari Indonesia.

Jadi kita harus berfikir menjangkau yang amat panjang. Artinya apa selama ini kita melihat datang haji temporer aja, numpang di tempat si si b, itu apa sih hotel ini Hotel itu hotel ini, itu numpang bukan?.

Padahal kita ada jamaah haji seumur-umur ada Indonesia seumur-umur ada umat manusia kita akan terus haji. Jadi sudah saatnya kita membangun kampung Haji Indonesia, sebagai sebuah investasi jangka panjang, kenapa? karena jelas akan ada yang datang. Setiap tahun ada yang haji setiap tahun ada yang umroh kenapa Kita selalu numpang sama yang lain? kenapa Kita tidak membuat sendiri Dan kita punya sumber dayanya di sana.

Kalau kita punya kampung haji maka harapannya ini menjadi tempat di mana peredaran dana pun akan berada di lingkar-lingkar usaha milik bangsa Indonesia, sekarang kita di sana ngeplos saja bawa uang ga muter ke kita.

Jadi kita memperkirakan kampung Haji ini bisa menampung sampai 40.000 jamaah haji, bisa umroh haji makanan Indonesia dan semua pelayanan yang membuat kita secara tujuan ibadah terjalankan kegiatan perekonomian bergerak dengan baik, lalu secara perwakilan budaya seluruh jamaah haji dunia akan bisa mampir ke kampung Indonesia dan merasakan Indonesia di tanah suci."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"*JANJI RAJA ARAB SAUDI BILA PASLON AMIN NO 1 MENANG*

```Bila Anies menang dan jadi Presiden RI, Raja Arab Saudi akan memberikan Hak Pakai Tanah untuk didirikan "Kampung Haji Indonesia" ( baca Kawasan Pemukiman berupa Hotel ) untuk kegiatan Ibadah Haji dan Umroh. Beberapa negara Arab ( Kuwait, Qatar, Emirates dll. ) sudah siap menyumbang beberapa bangunan hotel berlantai 22 - seperti standard hotel yg ada di Kota Mekah.

Semoga Alloh SWT meredoi dan mengabulkan doa umat untuk kemenangan Anies - Muhaimin. ``` *AAMIIN YAA ROBBAL'ALAMIIN*

_*So, Jangan heran kalau Amin menang ONH jadi Rp 10 juta*_ _"ilustrasi KampunG Haji OranG Indonesia Di Saudi Arabia"_"

Benarkah klaim Raja Arab Saudi akan memberikan hak pakai tanah jika paslon AMIN menang Pilpres? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Anies Baswedan Bersama Raja Salman Lakukan Tawaf Dikawal Aparat Kerajaan Arab Saud

Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan dan Raja Salman melakukan Tawaf dengan dikawal aparat kerajaan Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Juni 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan dan Raja Salam dengan latar belakang Ka'bah. Foto itu disertai narasi "Bagai Presiden, Anies& Raja Salman dikawal aparat kerajaan saat Tawaf".

Akun itu juga menambahkan narasi "Anies for presiden". Hingga saat ini postingan itu telah mendapatkan 188 komentar dan 32 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan dan Raja Salman melakukan Tawaf dengan dikawal aparat kerajaan Arab Saudi? Simak hasil penelusuranya dalam halaman berikut ini...

3 dari 4 halaman

Raja Arab Saudi Berikan Hadiah Pedang Emas pada Ida Dayak

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 April 2023.

Dalam postingannya terdapat video berjudul "Ibu Ida Dayak dapat hadiah pedang emas dari raja arab". Video berdurasi 6 menit 32 detik mengklaim Ida Dayak menerima hadiah itu pada Kamis, 30 Maret 2023.

Narator dalam video mengklaim informasi itu dilansir dari media kenamaan Arab Saudi, Saudi Gazette.

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Raja Arab Saudi memberikan hadiah pedang emas kepada Ida Dayak? Simak hasil penelusurannya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat