uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Klaim Video Pemberitaan Metro TV Rekomendasikan Penarikan Dana Gaib - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 September 2023.

Klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib menampilkan video program pemberitaan headline news.

Tayangan video dilanjutkan menampilkan seorang sedang menghitung uang baik secara manual dan dengan mesin.

Video tersebut diserati dengan lambang Metro TV dan terdapat tulisan "BUKTINYATA NYATA HASIL RITUAL PENARIKAN UANG HAIB SYEH MUHAMMAD AL HASSAN TANPA TUMBAL, TANPA RESIKO TIDAK MELANGGAR AGAMA

UNTUK MASYARAKAT YANG MEMPUNYAI MASALAH KEUANGAN DAPAT MENGUBUNGI SYEH MUHAMMAD AL HASSAN"

Video tersebut diiring dengan narasi suara, berikut transkripnya.

"Video viral bukti penarikan dana gaib yang telah dilakukan oleh seseorang yang memiliki ilmu tinggi bernama Syeh Muhammad Al Hassan, ternyata selama ini penarikan dana gaib benar adanya dan hanya mampu dilakukan seorang guru meta fisika yang menguasai amalan doa wirid Nabi Sulaiman untuk melakukan ritual penarikan dana gaib.

Maka dari itu kami dari tim media Metro TV menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang mempunyai masalah ekonomi seperti ingin meningkatkan usaha, mempunyai utang piutang, ingin mempunyai rumah atau masalah keuangan lainnya dapat menghubungi Syeh Muhammad Al Hasan, ritual yang dilaksanakan Syeh Muhammad Al Hasan halal tanpa resiko, tanpa tumba, serta tidak melanggar agama manapun dunia akhirat.

Kami dari tim media Metro TV sengaja menerbitkan dan mempublikasikan memviralkan video ini sebagai bukti penarikan dana gaib yang sah dilakukan Syeh Muhammad Al Hasan dan jangan pernah mengikuti ruitual penarikan dana gaib selain Syeh Muhammad Al Hasan."

Benarkah klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib? Simak penelusuran Cek Fakta . 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib, dengan menangkap layar klaim video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image dan Yandex. Namun tidak ditemukan situs yang memuat gambar dan video yang identik.

Penelusuran dilanjutkan dengan menghubungi pihak Metro TV, News Bulletin Manager Metro TV Yohanes Siahainenia mengatakan klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib adalah hoaks.

Metro TV tidak pernah menyiarkan berita yang merekomendasikan penarikan dana gaib, seperti dalam video yang diunggah salah satu akun Facebook.

"Itu berita hoaks kami tidak pernah membuat berita seperti itu," kata Yohanes, saat berbincang dengan , Rabu (11/10/2023).

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta klaim video pemberitaan Metro TV merekomendasikan penarikan dana gaib adalah hoaks.

Metro TV tidak pernah menyiarkan berita yang merekomendasikan penarikan dana gaib, seperti dalam video yang diunggah salah satu akun Facebook.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat