uefau17.com

Demi Pemilu Bebas Hoaks, UIN-Mafindo Kuatkan Literasi Pemilih Muda - Cek Fakta

, Jakarta - Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, segala upaya dilakukan untuk meminimalisir halangan yang ada, termasuk isu hoaks. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) dan Prodi Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Kelas Cek Fakta sebagai bentuk kolaborasi kedua mereka dalam mendukung pesta demokrasi yang aman dan nyaman tanpa hoaks.

Acara yang diselenggarakan pada 5 Oktober 2023 ini, ditargetkan khusus untuk para pemilih muda yang mendominasi pemilu 2024 mendatang. Terbukti, dari keikutsertaan 100 mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dalam penyelenggaraan workshop ini.

“Peradaban perlu dibangun melalui kebenaran bukan pembenaran. Dan kebenaran perlu dicari dengan melakukan verifikasi. Oleh karena itu keterampilan cek fakta menjadi modal penting bagi para calon jurnalis yang akan mengawal kebenaran bagi publik. Mengingat setiap tahun politik kerap banyak konflik terjadi di masyarakat akibat maraknya berita hoaks,” tutur Gun Gun Heryanto, Dekan FDIKOM, saat membuka acara ini, Kamis (5/10/2023) di aula UIN, Ciputat, seperti disebutkan dalam rilis yang diterima .

Berdasarkan data dari Tim AIS Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, sebanyak 11.642 konten hoaks telah teridentifkasi dari Agustus 2018-Mei 2023. Jumlah tersebut bukanlah hal yang bisa diremehkan begitu saja. Perlu penanaman literasi yang kuat di seluruh jiwa masyarakat Indonesia, terkhusus para pemilih muda.

Yuli Setiyowati selaku Koordinator Wilayah Mafindo, menegaskan, hoaks adalah permasalahan yang harus dibasmi bersama oleh semua kalangan masyarakat. “Butuh kolaborasi semua pihak untuk saling membahu membendung berita hoaks tersebar luas,” ujar Yuli.

Kaprodi Jurnalistik FDIKom, Bintan Humeira sangat optimis terhadap kolaborasi mereka dengan pihak Mafindo. “Kami berharap, kegiatan ini dapat melahirkan para penggiat literasi anti hoaks dari mahasiswa sebagai intelektual sekaligus aktivis muda yang sebagian besar adalah pemilih pemula,” tutur Bintan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat