uefau17.com

Simak Ragam Hoaks Pembagian Mobil Catut Nama Brand Otomotif Terkemuka, dari Hyundai hingga Honda - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks pembagian mobil di media sosial dengan cara yang mudah kerap mencatut nama brand otomotif ternama. Hoaks ini tentu saja sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kerugian.

Lalu apa saja hoaks pembagian mobil catut nama brand otomotif ternama? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Waspada Hoaks Pembagian Mobil Hyundai dengan Cara Tebak Angka di Facebook

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Hyundai membagikan mobil hanya dengan menemukan angka di Facebook. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun bernama Mitsubuishi pajero club mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 September 2023.

Berikut isi postingannya:

"Sejauh ini belum ada yang menemukan angka selain 9, dan belum ada pemenang baru untuk Hyundai 2023. Masih ada 1 nomor lagi yang harus dimenangkan."

Sejauh ini postingan tersebut telah dilihat lebih dari 149 ribu kali, mendapat 960 komentar dan 737 kali dibagikan.

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Hyundai membagikan mobil hanya dengan menemukan angka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Waspada Hoaks Pembagian Honda Civic Hatchback di Facebook

Beredar kembali di media sosial klaim pembagian mobil Honda Civic Hatchback hanya dengan menemukan angka di Facebook. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 26 September 2023.

Berikut isi narasinya:

"𝐇𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚 𝐀𝐤𝐡𝐢𝐫 𝐒𝐞𝐩𝐭𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫 𝐢𝐧𝐢 𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐚𝐝𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐞𝐦𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐨𝐦𝐨𝐫 𝐬𝐞𝐥𝐚𝐢𝐧 𝟕𝟎𝟑, 𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐚𝐝𝐚 𝐩𝐞𝐦𝐞𝐧𝐚𝐧𝐠 𝐇𝐨𝐧𝐝𝐚 𝐂𝐢𝐯𝐢𝐜 𝐇𝐚𝐭𝐜𝐡𝐛𝐚𝐜𝐤 𝟐𝟎𝟐𝟑. 𝐌𝐚𝐬𝐢𝐡 𝐚𝐝𝐚 𝟐 𝐤𝐞𝐦𝐞𝐧𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐠𝐢."

Hingga saat ini postingan itu telah 135 kali dibagikan dan mendapat lebih dari 1200 komentar.

Lalu benarkah klaim pembagian mobil Honda Civic Hatchback hanya dengan menemukan angka di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Toyota Bagikan Mobil Tacoma Hanya Dengan Tebak Nomor di Facebook

Beredar kembali postingan Toyota membagikan mobil Tacoma hanya dengan menebak nomor di Facebook. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun bernama Dayak Bagi Bagi Rezeki mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 4 September 2023.

Berikut isi postingannya:

"Sejauh ini belum ada yang menemukan nomor selain nomor 609, belum ada pemenang Toyota Tacoma 2023. Masih ada 2 kemenangan lagi."

Lalu benarkah postingan Toyota membagikan mobil Tacoma hanya dengan menebak nomor di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat