uefau17.com

Raih Dua Penghargaan di Mafindo Antihoaks Award 2023 - Cek Fakta

, Jakarta -  meraih dua penghargaan dalam ajang Mafindo Antihoaks Award, yaitu Kategori Media Digital terAntihoaks dan Jurnalis terAntihoaks. Capaian ini merupakan buah dari konsistensi dalam memerangi misinformasi dan disinformasi.

Pendiri Mafindo Harry Sufehmi menyatakan bahwa Mafindo bekerja sama dengan para pemangku kepentingan perlu terus mendorong, menginspirasi, sekaligus memberi penghargaan atau apresiasi kepada seluruh pihak yang gigih dan bekerja keras dalam melawan misinformasi dan disinformasi atau hoaks.

"Selain itu, Mafindo memberikan penghargaan atau apresiasi kepada mitra atau pihak yang selama ini bersama Mafindo dalam memberantas misinformasi dan disinformasi," kata Harry, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Penghargaan yang diberikan terdiri dari beberapa kategori, mulai dari kategori untuk individu hingga untuk lembaga pemerintah yang paling aktif dalam mengatasi hoaks dan bekerja menekan risiko misinformasi dan disinformasi.

Adapun dipilihnya sebagai pemenang penghargaan Media Digital terAntihoaks karena dinilai konsisten dalam membuat artikel periksa fakta dan pra-periksa fakta hoaks.

Untuk kategori jurnalis terAntihoaks jatuh pada FactChecker Adyaksa Vidi, penghargaan tersebut diberikan kepada jurnalis yang terjun dalam cek fakta, serta konsisten dalam membuat artikel periksa fakta serta mengkampanyekan gerakan antihoaks dalam media sosial pribadinya.

Penghargaan tersebut diberikan dalam ajang Mafindo Antihoaks Award yang diadakan pada Kamis 31 Agustus 2023 di Hotel Lumure, Jakarta Pusat.

Untuk juri penghargaan ini terdiri dari jurnalis, pemeriksa fakta, serta aktivis perempuan. Mereka mewakili berbagai lembaga seperti Alansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Konde.co, dan Internews.

Program Manager Mafindo di proyek USAID MEDIA, Dewi S Sari menyampaikan terima kasih kepada USAID dan Internews, serta para mitra yang telah mendukung dan bekerjasama untuk melangsungkan acara ini ini.

"Penting bagi Mafindo dan semua mitra untuk terus berkolaborasi meningkatkan kerja sama pemberantasan hoaks di Indonesia dan mengedukasi masyarakat agar dapat memilah informasi secara benar," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Latar Belakangan Mafindo Antihoaks Award

Tujuan dari Mafindo Antihoaks Award adalah untuk menyadarkan akan pentingnya partisipasi aktif berbagai pihak, dalam mengatasi peredaran hoaks dan membentengi diri dari informasi yang menyesatkan.

Seperti diketahui, jumlah pengguna internet di Indonesia per Januari 2023 tercatat mencapai angka 212,9 juta pengguna. Jumiah tersebut 77 persen dari populasi di Indonesia yang totalnya mencapai 276,4 juta orang.

Efek positif konektivitas internet ini antara lain kemudahan akses dalam menggali informasi, potensi ekonomi dan berbagai hal lainnya. Namun konten negatif seperti hoaks, hasutan kebencian, dan perundungan juga mudah ditemukan.

Berdasarkan temuan Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) tahun 2022, terdapat 1.698 hoaks yang tersebar di media sosial, aplikasi percakapan, dan situs internet yang meragukan.

Sementara itu menjelang Pemilu 2024, hoaks terkait pemilu berdasarkan hasil periksa fakta Mafindo hingga Juli 2023 mencapai lebih dari 370 hoaks. Jumlah ini tergolong besar dan dibutuhkan kerja sama dai berbagai pihak untuk mengatasinya.

Mafindo Antihoaks Award didukung oleh dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) metalui program USAID MEDIA yang diimplementasikan oleh Internews.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat