uefau17.com

Kumpulan Foto Hoaks Terkini, Kenali Faktanya Biar Tak Tersesat - Cek Fakta

, Jakarta - Foto hoaks beredar di media sosial dengan beragam, biasanya disajikan dengan narasi yang tidak sesuai dengan fakta atau mengalami editan.

Keberadaan foto hoaks harus diwaspadai, sebab sulit dikenali sehingga bisa dengan mudah menjerumuskan kita pada informasi yang salah.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali foto hoaks yang beredar di media sosial, Cek Fakta pun telah melakukan penelusuran pada sejumlah foto.

Berikut kumpulan foto hoaks terkini yang beredar di media sosial.

Foto Bus Tim PSSI U-17

Penelusuran klaim foto bus tim PSSI U-17

Cek Fakta mendapati klaim foto bus tim PSSI U-17, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 Juli 2023.

Unggahan klaim foto bus tim PSSI U-17 menapilkan sebuah bus tingkat tiga yang sedang terparkir di jalan. Pada bus tersebut terdapat tulisan "SoundTransit".

Bus tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Bus squad tim PSSI U-17, tingginya 9 meter, ga bisa masuk ke JIS. Makanya JIS kudu direnovasi total! 😂😂😂"

Benarkah klaim foto bus tim PSSI U-17? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Presiden Jokowi Bersalaman dengan Cak Nun di Rumah Sakit

<p>Cek fakta Presiden Jokowi bersalaman dengan Cak Nun saat menjenguk di RS.</p>

 

Beredar di media sosial postingan foto Presiden Jokowi sedang bersalaman saat menjenguk Cak Nun atau Emha Ainun Nadjib di RS. Postingan itu beredar sejak pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 11 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi sedang bersalaman dengan Cak Nun yang berada di ranjang RS. Postingan itu disertai narasi:

"Terbuat dari apa hatimu pak Jokowi....... Jokowi & Iriana jenguk Cak Nun yang lagi Sakit"

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi sedang bersalaman saat menjenguk Cak Nun atau Emha Ainun Nadjib di RS? Simak hasil penelusurannya di sini....

3 dari 4 halaman

Foto Banyak Orang Pingsan Akibat Antre Jam Tangan di Mal Terbesar Jakarta

Beredar kembali di media sosial postingan foto yang mengklaim ada banyak orang yang pingsan akibat mengantre jam tangan pintar dari Jepang di mal terbesar di Jakarta. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 3 Juli 2023.

Dalam postingannya terdapat foto orang yang sedang mengantre di depan beberapa toko. Selain itu juga terdapat seorang wanita yang sedang pingsan di kursi.

Postingan itu disertai narasi:

"Mengerikan... Banyak orang yang pingsan di mall terbesar di Jakarta. Ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar yang didatangkan dari Jepang ini.Kemarin, MASAHIRO mengumumkan peluncuran model smartwatch terbarunya di Indonesia. Dengan promo besar-besaran selama 2 hari, diskon 50%, beli 2 gratis 1 seharga Rp599.000/ 3 buah (dibagi hanya Rp199.000/buah). Sebelumnya hanya dijual di Jepang sehingga sangat langka dan mahal (sekitar Rp600.000 untuk 1 buah). Ini adalah penjualan terbesar sehingga banyak orang datang ke sini untuk membeli. Saya juga berjuang selama 3 jam dalam antrean untuk membelinya"

Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim ada banyak orang yang pingsan akibat mengantre jam tangan pintar dari Jepang di mal terbesar di Jakarta? Simak hasil penelusurannya di sini.....

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat