uefau17.com

Dokter Ungkap Kondisi Terkini Cak Nun: Masih Butuh Istirahat di Rumah Sakit - Cek Fakta

, Jakarta - Dokter pribadi Emha Ainun Nadjib, Eddy Supriyadi memastikan, kondisi kesehatan budayawan yang akrab disapa Cak Nun itu sudah membaik, namun masih butuh istirahat di rumah sakit.

"Alhamdulillah, kondisi CN (Cak Nun) hari ini membaik. Masih butuh istirahat di rumah sakit," kata Eddy dilansir dari Antara, Sabtu (8/7/2023).

Eddy memohon, doa untuk kesembuhan pria yang dikenal sebagai sastrawan sekaligus intelektual Muslim asal Jombang, Jawa Timur itu.

"Mohon doa dan dukungan dari teman-teman semua," ujar dia.

Sementara, mantan Sekretaris Cak Nun, Noor Janis Langga Barana menuturkan, meski kondisi Cak Nun kini mulai stabil, pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta belum mengizinkan ayah dari Noe Letto itu untuk dibesuk.

"Ini tadi pak Bupati Bantul mau besuk juga belum bisa. Belum tahu kepulangannya," kata Janis dilansir dari Antara.

Berdasarkan informasi dari Cak Zaki, adik kandung sekaligus manajer Cak Nun, proses pemulihan Cak Nun dari sakitnya terus mengalami perkembangan.

Menurut dia, Cak Nun masih berada di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. Sadjito bersama sang istri, Novia Kolopaking.

"Proses recovery Mbah Nun berjalan terus dengan baik. Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil," kata dia.

Sebelumnya, budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan masuk ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Kabar tersebut pertama kali tersebar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah.

"Mohon doanya teman-teman, Cak Nun gak sadarkan diri dirawat di RS Sarjito ada pendarahan otak. Sungguh mohon keikhlasan doa dari teman-teman semua," tulis pesan tersebut. 

Dokter Eddot, yang juga kawan dari Cak Nun saat dihubungi , Kamis sore (6/7/2023), membenarkan kabar Cak Nun masuk rumah sakit. Meski demikian, dirinya tidak merinci kondisi Cak Nun secara detail. 

"Cak Nun sedang beristirahat di RS. Mohon didoakan agar segera lepas dari proses istirahat. Kita Al-Fatehah," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buya Yahya: Kondisi Cak Nun Membaik

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Bahja, Buya Yahya menjenguk budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang sedang terbaring di rumah sakit (RS) di Yogyakarta, Jumat (7/7/2023). Buya Yahya mengatakan kondisi Cak Nun yang dirawat karena pendarahan otak, saat ini sudah mulai membaik.

Dia mendapat penjelasan dari adik Cak Nun, Yusron Aminullohb bahwa sang kakak saat ini dalam proses pemulihan. Cak Nun juga dalam kondisi sadar dan pulih.

"Saya bahagia bisa bertemu Mbah Nun dalam proses pemulihan dan berdialog dengan Bu Novia Kolopaking, istri beliau dan mendapat penjelasan lengkap kondisi mbah Nun," kata Buya Yahya dikutip dari siaran persnya, Jumat (7/7/2023).

Menurut dia, Cak Nun merupakan pejuang ummat sejati. Buya Yahya mengatakan Cak Nun selalu memikirkan ummat sehingga kelelahan dan jatuh sakit.

"Beliau pejung ummat sejati. Hidupnya untuk ummat, sampai tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, hingga kelelahan dan sakit," ujarnya.

Buya Yahya mengatakan dirinya merupakan murid Cak Nun sejak muda. Dia pun berharap Cak Nun bisa kembali pulih dan dapat membimbing ummat.

"Tapi jutaan Ummat mendokan, insya Allah kabulkan doanya ummat agar Mbah Nun bisa melanjutkan membimbing kami. Saya murid beliau sejak muda," tutur Buya Yahya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat