uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Headline Pemberitaan Koran Dokter Indonesia Ciptakan Obat Diabetes - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim headline koran dokter Indonesia ciptakan obat diabetes. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 14 Maret 2023.

Klaim headline pemberitaan koran dokter Indonesia ciptakan obat diabetes menampilkan tangkapan layar koran Media Indonesia dengan headline:

"SELURUH NEGARA TERKENJUT!

DOKTER INDONESIA MENCIPTAKAN OBAT YANG MENGALAHKAN DIABETES!!"

Dalam tangkapan layar tersebut juga menampilkan foto Doter Terawan Agus Putranto dengan disertai logo CNN pada sudut kanan bagian atas.

Tulisan tersebut terhubung pada sebuah halaman situs internet.

Benarkah headline pemberitaan koran dokter Indonesia ciptakan obat diabetes? Simak hasil penelusuran Cek Fakta .

 

Cek Fakta menelusuri klaim headline pemberitaan koran dokter Indonesia ciptakan obat diabetes, dengan membuka tautan yang dicantumkan dalam unggahan klaim tersebut hasilnya tidak ditemukan tulisan dan artikel yang menyebutkan  dokter Indonesia ciptakan obat diabetes. 

Halaman situs tersebut memuat tulisan berjudul "10 Obat Alami untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi yang Perlu Diketahui"

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan mengnjungi halaman situs ePaper Media Indonesia dan menggunakan kolom pencarian dengan kata kunci 'dokter Indonesia menciptakan obat diabetes'.

Dari hasil pencarian Media Indonesia tidak memuat artikel tersebut.

Sumber:

https://mediaindonesia.com/search?q=edisi%2089#gsc.tab=0&gsc.q=edisi%2089&gsc.page=2

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim headline pemberitaan koran dokter Indonesia ciptakan obat diabetes tidak benar.

Tangkapan layar koran tersebut merupakan hasil editan, setelah ditelusuri koran yang digunakan sebagai bahan klaim tidak memuat pemberitaan tersebut.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat