uefau17.com

Awas Penipuan Lewat Hoaks Seputar PLN Bagikan Insentif, dari Token Gratis hingga Subsidi Listrik - Cek Fakta

, Jakarta- PT PLN (Persero) menjadi salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kerap dijadikan bahan hoaks, kabar bohong yang mencatut perusahaan listrik plat merah tersebut menjadi modus aksi penipuan.

Hoaks yang mencatut PLN pun beragam, di antara adalah pembagian insentif berupa token gratis sampai subsidi listrik, hal tentu harus diwaspadai agar kita tidak menjadi korbannya.

Agar kita terhindari dari hoaks yang merugikan dibutuhkan kewaspadaan terhadap informasi yang didapat, dengan memastikan kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi benar dan hoaks seputar pembagian insentif dari PLN, Cek Fakta pun telah melakukan sejumlah penelusuran terhadap informasi pembagian insentif dari PLN.

Dari hasil penelusuran terdapat sejumlah hoaks terkait pembagian insentif dari PLN, berikut daftarnya.

Pembagian Token Gratis PLN dengan Unduh Aplikasi Tertentu

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 6 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar berjudul "Aplikasi Token PLN Gratis". Lalu ada narasi "aplikasi subsidi token PLN 2023 kuota terbatas dan hanya untuk hari ini, instal untuk mendapatkannya".

Lalu akun itu menambahkan narasi "Jangan Sampai Gak kebagian Ya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim ada pembagian token gratis dari PLN dengan cara mengunduh aplikasi tertentu? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini...

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PLN Bagikan Subsidi Listrik Sebesar Rp 5 Juta

Cek Fakta mendapati informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"tertiaryparasite.top/pln-76th/tb.php?gjbymmab1651271074345"

Jika tautan tersebut diklik maka muncul halaman situs yang terdapat tulisan sebagai berikut

"Congratulations!

PLN Government Electricity Subsidy!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah."

Benarkah informasi PLN bagikan subsidi listrik sebesar Rp 5 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

3 dari 4 halaman

PLN Ulang Tahun ke-80 Bagikan Uang Rp 2 Juta

 Cek Fakta  mendapati informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta dalam merayakan ulang tahun ke-80. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta dalam merayakan ulang tahun ke-80 yang dibagikan berupa sebuah tautan yang mengarah pada situs berisi pengumuman berikut:

<p>Cek Fakta  menelusuri informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta untuk merayakan ulang tahun ke-80</p>

Kemudian situs tersebut memberikan sejumlah pertanyaan yang membuat kita harus mengisi identitas.

Benarkah informasi PLN membagikan uang Rp 2 juta untuk merayakan ulang tahun ke-80? Simak penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat