uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar CEO Pfizer Batalkan Kunjungan ke Israel karena Belum Divaksin Covid-19 Lengkap - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim CEO Pfizer, Albert Bourla membatalkan kunjungannya ke Israel karena belum divaksin covid-19 lengkap. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lau.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 12 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat cuitan di Twitter dengan narasi, "The CEO of Pfizer had to cancel a planned trip to Israel because he was not fully vaccinated, Let me repeat: BECAUSE HE WAS NOT VACCINATED."

atau dalam Bahasa Indonesia "CEO Pfizer membatalkan kunjungannya ke Israel karena dia belum mendapatkan vaksin penuh. Biarkan saya mengulanginya: Karena dia belum divaksinasi"

Akun tersebut menambahkan narasi, "hmm"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim CEO Pfizer, Albert Bourla membatalkan kunjungannya ke Israel karena belum divaksin covid-19 lengkap?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengetik kata kunci "CEO Pfizer Israel Fact Check" di mesin pencarian Google. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut.

Salah satunya dari USA Today dalam artikel berjudul "Fact check: Pfizer CEO fully vaccinated, canceled Israel trip in March" yang tayang 9 Agustus 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Bourla telah mendapatkan vaksin covid-19 dosis keduanya pada 10 Maret 2021. Ia mengunggah momen tersebut pada akun Twitternya:

Postingan terkait Bourla membatalkan kunjungannya ke Israel karena belum divaksin lengkap selalu muncul setiap tahun.

Sumber:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2021/08/09/fact-check-pfizer-ceo-vaccinated-israel-trip-canceled-march/5524692001/

https://apnews.com/article/fact-checking-082947227981

https://www.politifact.com/factchecks/2021/aug/09/viral-image/old-story-about-pfizer-ceos-israel-trip-spreads-ou/

https://twitter.com/AlbertBourla/status/1369734954498818052?

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim CEO Pfizer, Albert Bourla membatalkan kunjungannya ke Israel karena belum divaksin covid-19 lengkap adalah tidak benar. Faktanya Bourla telah divaksinasi covid-19 lengkap sejak 10 Maret 2021.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat