uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Nanas Panas Bisa Membunuh Sel Kanker - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar kembali di media sosial postingan yang mengklaim nanas panas bisa membunuh sel kanker. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Februari 2023.

Dalam postingannya terdapat video cara pengolahan nanas agar bisa membunuh sel kanker. Yakni dengan memotongnya menjadi tiga bagian lalu dituangkan air panas sehingga menjadi alkali.

Dalam video itu juga disarankan nanas panas diminum setiap hari. Tidak lupa narasi video itu meminta agar metode ini disebarkan ke semua orang.

Akun itu menambahkan narasi "info kesehatan"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim nanas panas bisa membunuh sel kanker?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dan menemukan artikel berjudul "Cek Fakta Kesehatan: Air Nanas Panas untuk Obat Kanker, Hoaks" yang tayang di pada 16 Desember 2019.

Di sana terdapat penjelasan dari Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof DR. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD, KHOM, FINASM, FACP.

"Sama sekali tidak benar. Hoaks serupa kerap mencantumkan tanaman berbeda seperti jengkol, petai, atau mentimun," ujar Prof Aru.

"Kadang-kadang kandungan yang dicantumkan itu, ada kandungan X dalam obat kanker lalu di buah-buahan juga terdapat kandungannya lalu diklaim sebagai obat, padahal tidak."

Meski demikian Prof Aru menjelaskan kalau orang yang sedang berobat kanker bisa juga mengonsumsi buah-buahan. "Itu komplimenter, menunjang agar badannya lebih sehat dan pasti ada manfaatnya."

Selain itu ditemukan juga bantahan dari Fakultas Kedokteran UI yang logonya tercantum dalam video yang tersebar di media sosial tersebut.

"Dapat dipastikan bahwa narasi dari video tersebut adalah hoaks, dan institusi FKUI sama sekali tidak terlibat dalam pembuatan maupun penyebaran konten tersebut. Informasi hoaks ini sudah sejak lama beredar dengan beragam versi, dan sudah banyak pula bantahan terkait klaim tersebut," bunyi pernyataan FKUI dalam laman fk.ui.ac.id.

Sumber:

https://uefau17.com/health/read/4135074/cek-fakta-kesehatan-air-nanas-panas-untuk-obat-kanker-hoaks

https://fk.ui.ac.id/berita-en/waspada-video-hoaks-yang-mencatut-logo-foto-gedung-dan-foto-dekan-fkui.html?

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim nanas panas bisa membunuh sel kanker adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat