uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Mike Tyson Salat Jamaah di Kafe Anti Islam - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar kembali di media sosial postingan video yang mengklaim bahwa Mike Tyson salat berjamaah di kafe anti-Islam. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 7 Oktober 2022.

Dalam postingannya terdapat video Mike Tyson sedang salat berjamaah dengan rekannya. Akun itu menambahkan narasi:

"Orang muslim dilarang masuk. "Tertulis pada sebuah Cafe, di Los Angeles". 3 orang muslim ini tak peduli, Makmum: 'Mike Tyson' dan present World Boxing Champion Sweden 'Bado Jack'. Imam: present world kick boxing champion 'Aamar Abddallah"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim bahwa Mike Tyson salat berjamaah di kafe anti-Islam?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dan menemukan artikel bantahannya yang ditulis dua tahun lalu. Dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Di Video Ini Mike Tyson Bukan Salat Berjamaah di Kafe Anti-Islam" ditemukan bahwa klaim dalam postingan yang beredar tidak benar.

Hasil penelusuran Cek Fakta menyebut kalau video itu tidak dimanipulasi. Video tersebut pertama kali ada di Twitter setelah diunggah Badou Jack, seorang juara WBA di kelas light heavyweight pada 23 Agustus 2020.

Sejak diunggah di Twitter, video tersebut menjadi viral dengan mendapatkan 24,5 ribu retweet, 2,3 ribu komentar, dan 73,6 ribu like.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs Esquieme dengan artikel berjudul: "Nope, the viral video of Mike Tyson praying in Saudi is a fake". Artikel itu dipublikasikan pada 25 Agustus 2020.

Disebutkan kalau Tyson tidak salat di kafe anti orang Islam atau berada di Arab Saudi. Mike Tyson disebutkan salat di resort miliknya, Tyson Ranch.

Hal ini bisa dapat diketahui dengan mudah karena ada logo: "TR" di belakang Tyson yang sedang salat. TR berarti Tyson Ranch yang berada di Big Bear California, Amerika Serikat.

"Video itu diambil dalam persiapan untuk pertarungan Badous, 28 November, kami menghabiskan akhir pekan di Big Bear, California untuk mendapatkan latihan ringan dan istirahat sebentar dari Las Vegas," kata Amer Abdallah, manajer petinju Badou Jack dan Viddal Riley.

"Ketika kami pertama kali tiba, saya bertanya kepada Tyson, di mana saya bisa melaksanakan salat. Dia berkata, saya akan salat bersama Anda," ujarnya menambahkan.

Sumber:

https://uefau17.com/cek-fakta/read/4388012/cek-fakta-di- video-ini-mike-tyson-bukan-salat-berjamaah-di-kafe-anti-islam

https://www.esquireme.com/news/47513-nope-the-viral-video-of- mike-tyson-praying-in-saudi-is-a-fake

https://twitter.com/BadouJack/status/1297336965348511745

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim bahwa Mike Tyson salat berjamaah di kafe anti-Islam adalah tidak benar. Video itu merupakan video Mike Tyson sedang salat jamaah di resort miliknya, Tyson Ranch.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat