uefau17.com

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah Jam Tangan dari Rolex - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah jam Rolex. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak akhir bulan Mei.

Dalam pesan berantai disebutkan bahwa jam Rolex bisa didapatkan jika mengisi survei melalui link yang diberikan. Berikut isi pesan berantainya:

"Rolex 100th Anniversaty Celebration

Free gifts for everyone! You have a chance to get a Rolex watch

https://fanbrian.com/tb.php?app=rolex"

Saat dibuka link tersebut mengarah ke website dengan narasi:

"Congratulations!Rolex 100th Anniversary Celebration ! Through the questionnaire, you will have a chance to get a Rolex watch"

atau dalam Bahasa Indonesia

"Selamat! Perayaan Ulang Tahun Rolex ke-100!

Melalui kuesioner, Anda akan berkesempatan mendapatkan jam tangan Rolex."

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Rolex sedang mengadakan program bagi-bagi jam tangan dengan syarat mengisi survei?

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan mengunjungi akun resmi Rolex di Instagram dan Facebook yang bercentang biru atau terverifikasi tidak ada pengumuman terkait survei berhadiah jam tangan itu.

Selain itu Cek Fakta juga mengunjungi website resmi Rolex, Rolex.com.

Di sana terdapat penjelasan bahwa Rolex didirikan oleh Hans Wilsdorf pada tahun 1905. Sehingga pada tahun 2021 ini usia mereka sudah mencapai 116 tahun.

Selain Rolex, deretan brand besar juga sempat dicatut namanya untuk dijadikan hoaks. Seperti Dunkin Donuts, KFC, OVO hingga Toyota.

Sumber:

https://www.rolex.com/about-rolex-watches/1905-1919.html

https://www.facebook.com/rolex/about/?ref=page_internal

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut Rolex sedang mengadakan program bagi-bagi jam tangan dengan syarat mengisi survei adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat