uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Burj Khalifa Tampilkan Bendera Israel - Cek Fakta

, Jakarta - Foto menara tertinggi di dunia Burj Khalifa yang menampilkan bendera Israel beredar di media sosial. Doto ini disebarkan akun Facebook Indonesian Crusaders pada 15 Agustus 2020.

Dalam foto tersebut, tampak gedung Burj Khalifa yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab itu menampilkan lampu gedung mirip dengan bendera Israel.

"Bendera ISRAEL di Burj Khalifa Dubai, United Arab Emirates (UAE).Era Baru dalam Sejarah Perdamaian Timur Tengah telah dimulai....," tulis akun Facebook Indonesian Crusaders.

Konten yang disebarkan akun Facebook Indonesian Crusaders telah 5 kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri foto yang diklaim Burj Khalifa tengah menampilkan bendera Israel. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "burj khalifa bendera israel".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto Burj Khalifah menampilkan bendera Israel. Satu di antaranya artikel berjudul "Foto-foto Burj Khalifa telah disunting dengan menambahkan gambar bendera Israel" yang dimuat situs periksafakta.afp.com pada 20 Agustus 2020.

Dua foto yang telah beredar dalam berbagai unggahan Facebook memperlihatkan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, dihiasi dengan cahaya lampu yang menampilkan gambar bendera Israel dan diklaim hal itu dilakukan untuk merayakan perjanjian damai antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA). Namun klaim tersebut salah: kedua foto itu telah disunting dengan menambahkan gambar bendera Israel.

Foto itu telah dibagikan di Facebook di sini pada tanggal 15 Agustus 2020.

Foto itu menunjukkan Burj Khalifa diterangi dengan cahaya lampu yang menampilkan gambar bendera Israel.

Status berbahasa Indonesia itu berbunyi: “Bendera ISRAEL di Burj Khalifa Dubai, United Arab Emirates (UAE).

“Era Baru dalam Sejarah Perdamaian Timur Tengah telah dimulai....”

Sedangkan teks berwarna putih dengan latar belakang merah itu artinya: “UEA kepada Israel”.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs periksafakta.afp.com

Foto itu diunggah beberapa hari setelah presiden AS, Donald Trump, mengumumkan di akun Twitternya pada tanggal 13 Agustus 2020 bahwa Israel dan UEA telah mencapai “Perjanjian Damai Bersejarah”. Klaim tersebut salah: kedua foto itu telah disunting dengan menambahkan gambar bendera Israel

Pencarian gambar terbalik dan pencarian kata kunci di Google menemukan foto ini, yang sebelumnya diunggah di sebuah blog perjalanan pada tanggal 22 Oktober 2019. Foto asli yang diunggah di blog itu tidak menunjukkan bendera Israel. Keterangan gambar tersebut artinya: “Burj Khalifa di malam hari.”

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Burj Khalifa tengah menampilkan bendera Israel ternyata tidak benar. Foto yang diunggah akun Facebook Indonesian Crusaders merupakan hasil suntingan dan diberikan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat