uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Bawang Hitam Bisa Sembuhkan Segala Macam Kanker - Cek Fakta

, Jakarta - Bawang hitam disebut-sebut bisa mencegah segala macam penyakit kanker di media sosial. Selain itu, bawang hitam disebut bisa menghilangkan bakteri dan jamur yang ada di dalam tubuh.

Akun yang menyebut bawang hitam punya khasiat menyembuhkan segala macam penyakit kanker adalah Black Garlic. Dia mengunggah informasi itu pada 25 Juli dan sudah dibagikan puluhan kali oleh pengguna Facebook.

Begini narasi selengkapnya:

 

"Black Garlic untuk hidup sehat

Bawang hitam telah digunakan sebagai ramuan pengobatan sejak abad pertengahan tepat hingga era modern di mana manfaatnya telah diamati dan terbukti secara ilmiah. Bawang hitam setelah proses fermentasi selama sebulan di bawah panas dan kelembapan yang dikendalikan secara ketat.

.........................

Manfaat Kesehatan Black Garlic, antara lain:

#menyembuhkan berbagai macam kanker

#Manfaatkan hati

#Antioksidan yang kuat

#Mengurangi peradangan

#Membantu menghilangkan alergi

#Mengurangi kerusakan hati

#Mengurangi obesitas

#Melindungi sel otak dari MSG

#Menstabilkan gula darah"

Lalu, benarkah bawang hitam bisa menyembuhkan segala penyakit kanker?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta mencoba menelusuri kebenaran fakta tersebut. Tim pun menemukan artikel dari AFP yang telah dimuat pada 31 Juli 2020 dengan judul: 'There is no evidence that black garlic can prevent cancer, health experts say'.

Artikel tersebut mengambil penjelasan dari Dr. Suebpong Tanasanvimon, seorang spsialis onkologi di Universitas Chulalongkorn. Dia menjelaskan tidak ada penelitian yang menyebut bahwa bawang hitam bisa mencegah kanker.

"Saya belum pernah mendengar ini. Tidak ada penelitian yang jelas mengatakan kalau makan sesuatu yang spesifik bisa mencegah Anda dari kanker," katanya.

"Alasan asal usul sebagian besar jenis kanker masih belum diketahui. Namun, ada beberapa jenis kanker yang kita tahu penyebabnya, cara mencegahnya, seperti kanker paru-paru yang disebabkan oleh rokok atau kanker hati yang disebabkan karena minum alkohol," ujar Tanasanvinom menambahkan.

Tim Cek Fakta juga mendapat informasi lain. National Cancer Institute yang dikelola oleh Thailand menyebut informasi bawang hitam bisa menyembuhkan kanker adalah salah. Mereka sudah menerbitkan informasi tersebut melalui web resminya pada 21 Mei 2020.

Demikian pula, American Institute for Cancer Research yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka mengatakan kalau ada senyawa tertentu dalam bawang hitam yang diketahui bisa menawarkan aktivitas ant-kanker, tapi tidak bisa berpengaruh pada manusia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan keterangan yang sudah dijabarkan, informasi yang menyebut bawang hitam bisa menyembuhkan segala macam kanker adalah salah. Faktanya, hingga saat ini Dr. Suebpong Tanasanvimon, seorang spsialis onkologi di Universitas Chulalongkorn, tidak pernah mendengar adanya penelitian yang dilakukan tentang informasi tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat