uefau17.com

Panitia Umumkan Kandidat Pemenang IBL Awards 2024, Siapa Saja? - Bola

, Jakarta - Penyelenggara Indonesian Basketball League (IBL) mengumumkan daftar kandidat peraih penghargaan musim 2024, Selasa (9/7/2024).

Dalam pengumuman di media sosial, panitia memaparkan nama pemain, pelatih, dan wasit yang masuk dalam delapan kategori peraih IBL Awards 2024 untuk penyelenggaraan babak reguler musim ini.

Delapan kategori yang dimaksud, yaitu IBL League Most Valuable Player (MVP/pemain paling berharga liga), IBL Local MVP (pemain lokal paling berharga), IBL Rookie of the Year (pemain pemula terbaik), IBL Most Improved Player (pemain paling berkembang).

Kemudian, IBL Defensive Player of the Year (pemain bertahan terbaik), IBL Sixth Man of the Year (pemain keenam terbaik), Coach of the Year (pelatih terbaik, dan Referee of the Year (wasit terbaik).

Para pemenang akan diumumkan pada 11 Juli mendatang atau bertepatan dengan pertandingan pertama babak playoffs IBL 2024.

Nama pemain seperti Yudha Saputera yang bermain untuk Prawira Harum Bandung dan Reza Guntara asal Pelita Jaya Jakarta, kembali masuk dalam nominasi peraih penghargaan musim ini.

Dewa United Banten dan Pelita Jaya Jakarta menjadi klub dengan penyumbang kandidat paling banyak, yaitu lima orang dari total delapan kategori yang ada.

Kategori IBL League MVP dinilai dari rata-rata statistik, yaitu poin per gim (ppg), assist per gim (apg), rebound per gim (rpg), dan efisiensi. Sedangkan kategori IBL Local MVP merupakan apresiasi dan motivasi untuk pemain lokal terbaik di musim ini, dengan ukuran penilaian yang sama dengan IBL League MVP.

Kedua kategori itu juga turut memperhatikan penilaian sikap dan perilaku pemain sepanjang kompetisi musim reguler berlangsung.

Beberapa penilaian di antaranya yaitu tidak memperoleh hukuman berat seperti disqualifying foul dan atau ejected akibat perilaku yang berlebihan atau perilaku yang dinilai negatif di lapangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batas Waktu Pemberian Suara IBL Awards 2024

Selanjutnya, IBL Rookie of The Year merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemain debutan terbaik dalam skuad tim musim ini. Mereka akan dinilai dari statistik (PPG, APG, RPG, dan MPG) serta efisiensi.

Lalu, IBL Defensive Player of The Year dinilai berdasarkan statistik yang berkaitan dengan sisi pertahanan seperti defensive rebound, steal, dan blok per pertandingan, serta penilaian atas Team Net Rating.

Kemudian, kategori Most Improve Player memiliki definisi pemain terbaik berdasarkan peningkatan statistik dari musim sebelumnya dengan musim yang berjalan. Kategori ini hanya memasukkan pemain lokal.

IBL Sixth Man of The Year, dinilai berdasarkan penghitungan statistik yang bermain dari bangku cadangan, hanya memilih pemain lokal, serta merujuk kepada menit bermain paling tinggi dalam satu tim, di luar lima pemain utama.

Sementara, untuk Coach of The Year akan dipilih berdasarkan pertimbangan Net Rating tim yang harus positif, jumlah pertandingan, konsistensi tim selama satu musim, bagaimana pelatih membawa tim lebih baik dalam satu musim, hingga peningkatan performa tim.

Penilaian juga akan memasukkan persentase kemenangan tim yang dipimpin pelatih tersebut.

Untuk yang terakhir, Referee of The Year dinilai berdasarkan performa memimpin pertandingan selama musim reguler. Penilaian ini juga dilakukan oleh penilai pertandingan bersama Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dan IBL.

Penyelenggara membuka pemungutan suara pada Selasa (9/7/2024). Voting dilakukan oleh perorangan maupun kelompok yang memiliki latar belakang, keahlian, pengetahuan, serta mengikuti perjalanan kompetisi IBL 2024. Mekanisme pemilihan berbeda-beda untuk pemain, pelatih, dan wasit.

Pemungutan suara untuk tujuh kategori dilakukan oleh 14 kepala pelatih, serta 10 orang perwakilan media dan analis olahraga bola basket. Khusus kategori penghargaan pelatih terbaik, para pelatih tidak akan ikut memilih.

Setiap peserta voting akan diberi waktu selama satu hari untuk menentukan pilihannya sampai Rabu (10/7/2024), pukul 18.00 WIB.

Berikut daftar kandidat peraih penghargaan IBL 2024:

 

3 dari 3 halaman

Kandidat Pemenang IBL Awards 2024

IBL League MVP 2024

1. Kentrell Debarus Barkley (Kesatria Bengawan Solo/KBS)

2. Jordan Lavell Adams (Dewa United Banten/DUB)

3. Stephen Lane Hurt (Pacific Caesar Surabaya/PCF)

4. Tyree Jamal Robinson (Satya Wacana Salatiga/SWS)

5. Le’Bran Keithdrick Nash (RANS Simba Bogor/RSB)

IBL Local MVP 2024

1. Abraham Damar Grahita (Satria Muda Pertamina Jakarta/SMP)

2. Abraham R. Wenas (Bali United Basketball/BBC)

3. Fisyaiful Amir (Amartha Hangtuah Jakarta/AHT)

4. Yudha Saputera (Prawira Harum Bandung/PHB)

5. Kaleb Ramot Gemilang (DUB)

IBL Rookie of the Year 2024

1. Radithyo Wibowo (DUB)

2. Imanuel Mailensun (SWS)

3. Andrew William Lensun (Tangerang Hawks Basketball/THB)

4. Yehezkiel Mahesvara Rahadiyanto (SWS)

5. Rexy Fernando (SWS)

IBL Most Improved Player 2024

1. Avin Kurniawan (Bima Perkasa Jogja/BPJ)

2. Respati Ragil Pamungkas (Rajawali Medan/RJM)

3. Fisyaiful Amir (AHT)

4. Steven Orlando (Borneo Hornbills Basketball/BHB)

5. Handri Satrya Santosa (BPJ)

IBL Defensive Player of the Year 2024

1. M. Reza Fahdani Guntara (Pelita Jaya Jakarta/PJB)

2. Brandon Van Dorn Jawato (PJB)

3. Yudha Saputera (PHB)

4. Kaleb Ramot Gemilang (DUB)

5. Nuke Tri Saputra (KBS)

IBL Sixth Man of the Year 2024

1. Hans Abraham (PHB)

2. Ponsianus Nyoman Indrawan (BBC)

3. Brandon Van Dorn Jawato (PJB)

4. Widyanta Putra Teja (SMP)

5. Agassi Yeshe Goantara (PJB)

Coach of the Year 2024

1. Pablo Favarel (Dewa United Banten)

2. David Singleton (Prawira Harum Bandung)

3. Efri Meldi (Kesatria Bengawan Solo)

4. Johannis Winar (Pelita Jaya Jakarta)

5. Youbel Sondakh (Satria Muda Pertamina Jakarta)

Referee of the Year 2024:

1. Budi Marfan, Jawa Barat

2. Haryanto Sutaryo, DKI Jakarta

3. Arnaz Anggoro, Jawa Timur

4. Yosep Nurida, Jawa Barat

5. Rendi Putra Dwiantino, DKI Jakarta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat