uefau17.com

Profil Tim Piala Eropa 2024: Ukraina Terus Berjuang di Tengah Invasi Militer - Bola

, Jakarta - Euro 2024 akan menjadi penampilan keempat Ukraina dalam kejuaraan Eropa, sebuah pencapaian yang menunjukkan kemampuan mereka dalam sepak bola internasional.

Setelah mencapai babak gugur pada partisipasi terakhir di 2020, Ukraina mengusung ambisi lebih tinggi tinggi lagi.

BACA JUGA: VIDEO: Di Istanbul, Suporter Sambut Meriah Kemenangan Turki atas Austria
BACA JUGA: Belanda Gulung Rumania di Euro 2024, Inggris Terancam Kehilangan Jude Bellingham

Berbekal semangat dan determinasi yang berkobar, mereka bersiap untuk menghadapi persaingan sengit di Grup E melawan Belgia, Slovakia, dan Rumania. Ukraina bakal menghadapi Rumania di laga pembuka, Senin (17/6/2024).

Perjalanan mereka menuju turnamen di Jerman tidaklah dicapai dengan mudah. Undian sulit mengawali langkah mereka ketika dipasangkan bersama juara bertahan Italia dan Inggris.

Ukraina bisa mengamankan tiket play-off. Di fase tersebut, mereka menyisihkan Bosnia-Herzegovina dan Islandia demi merebut tiket turnamen utama.

Yang membuat capaian ini terasa lebih spesial, Timnas Ukraina masih berjuang di tengah invasi militer Rusia. Mereka belum pernah tampil di tanah kelahiran sejak 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Ukraina: Mykhailo Mudryk

Mykhailo Petrovych Mudryk adalah winger Chelsea dan timnas Ukraina. Meski belum mendapat banyak kesempatan untuk bicara banyak di Chelsea, dia merupakan andalan negaranya.

Mudryk memulai karier sepak bola di Akademi Metalist Kharkiv pada 2010. Dia kemudian melanjutkan kiprah bersama Shakhtar Donetsk hingga melakoni debut di tim utama pada Oktober 2018 saat berumur 17 tahun.

Di Shakhtar, Mudryk terus bersinar hingga meyakinkan Chelsea untuk meminangnya dengan harga tingg pada Januari 2023. Namun, situasi di Chelsea yang sedang bergejolak membuat sinarnya meredup. Meski, ketika sedang diturunkan, Mudryk tetap mampu menunjukkan kemampuannya mengolah si kulit bundar.

Pada panggung internasional, Mudryk sudah membela Ukraina di berbagai level usia. Dia melakoni debut di tim senior pada Mei 2022.

 

3 dari 3 halaman

Pelatih Ukraina: Serhiy Rebrov

Serhiy Rebrov merupakan salah satu striker andalan Ukraina kala masih aktif bermain. Kini dia menjabat sebagai pelatih timnas.

Sekarang berusia 49 tahun, Rebrov telah menikmati karier kepelatihan yang mengesankan dan bervariasi. Dari Dinamo Kyiv hingga Al-Ahli, Ferencvaros, dan yang terbaru, Al-Ain, dia telah mengukir jejaknya di berbagai klub dan liga. Pengalaman dan pengetahuannya yang luas tentang permainan membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk menangani Ukraina.

Sebelum itu, Rebrov merupakan penyerang tumpuan negara bersama Andriy Shevchenko. Dengan 75 caps yang dibukukan dari 1992 hingga 2006, dia telah menjadi bagian integral dari sejarah sepak bola negaranya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat