uefau17.com

Legenda Manchester United Wayne Rooney Dipecat Birmingham City - Bola

, Jakarta- Malang nian nasib legenda Manchester United Wayne Rooney saat banting stir menjadi pelatih. Pria Inggris itu merasakan pahitnya dipecat sebagai pelatih. Rooney didepak klub kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City.

Birmingham mengumumkan secara resmi pemecatan Rooney pada Selasa 2 Januari 2024. Rooney harus kehilangan pekerjaannya setelah rentetan hasil buruk. Eks pemain Everton itu cuma bertugas di 15 laga saja bersama Birmingham.

Rooney mulai menangani Birmingham City pada 11 Oktober 2023. Pria 38 tahun itu menggantikan John Eustace yang secara mengejutkan didepak meski Birmingham memulai musim 2023/2024 dengan sangat baik.

Di bawah asuhan Wayne Rooney, Birmingham justru terpuruk. Mereka cuma bisa meraih kemenangan dua kali dari 15 laga. Klub yang bermarkas di St Andrew's tersebut kalah sembilan kali dengan empat laga lain berakhir imbang.

Akibat buruknya kinerja tim di bawah asuhan Rooney, Birmingham merosot drastis di klasemen Championship. Dari bersaing merebut tiket play-off menjadi harus berjuang menghindari zona degradasi.

Selama masa kepemimpinan Rooney, Birmingham benar-benar hancur lebur. Mereka menjadi tim peraih poin paling sedikit, paling sering kalah dan kebobolan diantara kontestas Championship lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Bos Birmingham City

"Kami berkomitmen untuk melakukan apa yang diperlukan untuk membawa kesuksesan bagi St Andrew's. Sayangnya, waktu Wayne bersama kami tidak berjalan sesuai rencana dan kami memutuskan untuk bergerak ke arah yang berbeda," demikian pernyataan CEO Garry Cook.

"Pencarian penggantinya akan segera dimulai dan kami akan memberikan informasi terbaru kepada para pendukung ketika kami memiliki berita lebih lanjut."

3 dari 3 halaman

Karier Rooney Sebagai Pelatih

Birmingham merupakan klub profesional ketiga yang dilatih oleh Rooney. Sebelumnya dia pernah memoles Derby County dan DC United di MLS.

Saat melatih Derby, Rooney memilih mengundurkan diri setelah klub terdegradasi ke League One akibat pengurangan poin. Kemudian di DC United, Rooney sepakat berpisah setelah gagal meloloskan klub ibukota ke babak play-off.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat