uefau17.com

Piala Dunia U-17 2023: Hadapi Senegal di 16 Besar, Prancis Merasa Beruntung Tampil di JIS - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Prancis U-17 Jean-Luc Vannuchi mengakui timnya mendapat sedikit keuntungan jelang menghadapi Senegal di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 pada Rabu (22/11/2023).

Hal ini lantaran pasukan muda Les Bleus bakal bertanding di Jakarta International Stadium (JIS) yang sudah menjadi kandang mereka sejak mengarungi persaingan di fase penyisihan grup.

Sekadar informasi, Timnas Prancis U-17 memang sempat menjadi penghuni grup E bersama Amerika Serikat, Burkina Faso, dan Korea Selatan. Mereka lantas berbagi markas dengan anggota grup C yang terdiri atas Inggris, Brasil, Iran, serta Kaledonia Baru di Jakarta International Stadium.

Adapun Les Bleus sendiri pada akhirnya berhasil finis di puncak klasemen grup E sekaligus mengunci tiket ke fase knock-out. Anak-anak asuh Vannuchi mengoleksi total 9 poin dari 3 pertandingan, disertai catatan 7 gol tanpa sekali pun kebobolan.

Timnas Prancis U-17 berpotensi makin dekat dengan kans merebut gelar juara apabila berhasil melewati Senegal di babak 16 besar. Singa Teranga Muda sebelumnya menyelesaikan fase penyisihan sebagai runner-up grup D, di bawah Argentina yang unggul selisih gol.

Beda dari Prancis, anak-anak asuh Serigne Dia kebagian menempati Stadion Si Jalak Harupat Bandung saat babak penyisihan. Timnas Senegal U-17dan baru bertolak ke ibu kota setelah mengamankan satu slot di fase knock-out Piala Dunia U-17 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prancis Lebih Kenal JIS Dibanding Senegal

Pelatih Timnas Prancis U-17 pun tak menampik skuad racikannya berpotensi mendapat sedikit keuntungan dari lokasi pertandingan.

Hal ini lantaran para penggawa Les Bleus diklaim sudah terbiasa dengan suasana JIS dibanding Timnas Senegal U-17 yang baru beberapa hari menjajal atmosfer Jakarta.

Kendati begitu, Jean-Luc Vannuchi tak ingin anak-anak asuhnya terlalu terlena dengan previlese itu. Pasalnya, Senegal dianggap punya kemampuan adaptasi yang baik, sehingga berpotensi tak menemui kesulitan besar saat tampil di JIS untuk pertama kalinya.

"Mungkin memang lebih baik (menguntungkan buat kami) karena kami sudah tahu lapangannya, kami tahu ruang gantinya, serta tahu temperatur di sana," ujar Vannuchi saat ditemui awak media di sela-sela sesi latihan Timnas Prancis U-17 pada Selasa (22/11/2023).

"Saya harap begitu (Prancis dapat keuntungan dari lapangan), tetapi saya tidak tahu karena saya pikir Senegal bisa beradaptasi dengan situasi," katanya lagi.

3 dari 4 halaman

Laga Penting Melawan Senegal

Terlepas dari persoalan venue, Jean-Luc Vannuchi menilai anak-anak asuhnya tak boleh lengah kala menghadapi Senegal di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Pasalnya, pertandingan tersebut menjadi laga yang menentukan kelanjutan mereka dalam ajang sepak bola muda bergengsi dunia.

Kemenangan atas Singa Teranga bakal langsung mengantar Prancis melesat ke perempat final. Sebaliknya, hasil minor melawan Senegal akan membuat anak-anak asuh Vannuchi terpaksa angkat koper lebih dulu dari kompetisi.

"Saya pikir hal itu (keuntungan tanding di JIS) tidak terlalu penting buat kami. Ini adalah pertandingan besar," ujar Vannuchi kepada awak media.

"Ini pertandingan di mana jika kami menang kami akan lanjut (ke perempat final), tetapi jika kalah kita pulang. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk menjadi tim terbaik (saat pertandingan)," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Senin, 20 November 2023

15.30 WIB: Ekuador 1 - 3 Brasil (Stadion Manahan)

19.00 WIB: Spanyol 2 - 1 Jepang (Stadion Manahan)

Selasa, 21 November 2023

15.30 WIB: Mali 5 - 0 Meksiko (Stadion Gelora Bung Tomo)

15.30 WIB: Jerman 3 - 2 Amerika Serikat (Stadion Si Jalak Harupat)

19.00 WIB: Argentina 5 - 0 Venezuela (Stadion Si Jalak Harupat)

19.00 WIB: Maroko 1 - 1 Iran (pen. 4-1, Stadion Gelora Bung Tomo)

Rabu, 22 November 2023

15.30 WIB: Inggris vs Uzbekistan (Jakarta International Stadium)

19.00 WIB: Prancis vs Senegal (Jakarta International Stadium)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat