uefau17.com

Pelatih Brasil Sebut Suporter Indonesia Jadi Sumber Motivasi Tim Samba ke Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023 - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal menilai suporter Indonesia menjadi sumber motivasi bagi timnya yang akan melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Seperti diketahui, skuad muda Tim Samba memang sudah berhasil mengamankan tiket ke fase knock-out dengan status runner-up grup C usai menumbangkan Inggris dalam laga pemungkas yang dihelat di Jakarta International Stadium (JIS) pada Jumat (17/11/2023) malam WIB.

Timnas Brasil U-17, yang sebelumnya cuma mengantongi catatan satu kemenangan dan satu kekalahan di fase grup, langsung mampu menciptakan keunggulan lewat gol Kaua Elias di babak pertama.

Anak-anak asuh Phelipe Leal lantas menggandakan torehan skor usai Da Mata membobol gawang Inggris tak lama setelah turun minum. Barulah di menit 71, The Young Lions memperkecil ketertinggalan melalui penalti Joel Ndala.

Namun, tak ada gol tambahan yang mampu diciptakan oleh tim racikan Ryan Garry, sehingga skor 1-2 untuk keunggulan Timnas Brasil U-17 bertahan sampai bubaran.

Dengan catatan ini, Inggris dan Brasil sama-sama dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 sebagai juara serta runner-up grup. Sementara itu, Iran yang bercokol di bawah Tim Samba juga sukses mengamankan tiket lewat jalur peringkat tiga terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatih Brasil Apresiasi Dukungan Suporter Indonesia

Phelipe Leal yang bakal segera mengarungi persaingan babak gugur bersama anak-anak asuhnya pun mengapresiasi dukungan suporter Indonesia sepanjang fase penyisihan grup, utamanya di laga pemungkas melawan Inggris.

Juru taktik berusia 36 tahun itu menilai dukungan dari penggemar Indonesia menjadi suntikan motivasi bagi timnya yang bakal bertolak ke Surakarta guna melakoni babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

"Luar biasa penonton hari ini (di laga melawan Inggris). Piala Dunia U-17 ini memang adalah masa depan untuk pemain-pemain. Mereka ini adalah pemain masa depan untuk sepak bola dunia," ujar Phelipe Leal saat ditemui di mixed zone laga melawan Inggris, Jumat (17/11/2023) malam WIB.

"Kami ingin berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang menonton, yang mendukung (Timnas Brasil U-17). Kita akan menjadikan ini motivasi untuk pergi ke Surakarta dan melanjutkan (persaingan di) babak berikutnya," sambungnya kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Kunci Kebangkitan Timnas Brasil U-17

Di samping karena keberadaan suporter, Phelipe Leal menilai Timnas Brasil U-17 juga punya satu kunci rahasia lain yang membawa mereka bangkit usai ekaran dari Iran di laga perdana Piala Dunia U-17 2023.

Juru taktik skuad muda Tim Samba menilai kekuatan mental menjadi alasan timnya mampu kembali ke jalur kemenangan sekaligus mengamankan tiket ke fase 16 besar turnamen sepak bola muda bergengsi dunia.

"Ya, kekuatan mental jadi kuncinya. Para pemain keluar dari tekanan di pertandingan pertama dan sekarang bisa lolos ke babak berikutnya. Itulah sepak bola," ujar Phelipe Leal.

"Kami akan coba keluarkan semua kemampuan kami dan mempelajari (catatan) dari babak penyisihan ini. Karena di babak berikutnya, kami tidak boleh kalah. Yang kalah akan pulang," sambung pelatih Timnas Brasil U-17.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat