uefau17.com

Piala Dunia U-17 2023: Staf Timnas Brasil Berharap Duel Tim Samba vs Indonesia di Babak Gugur - Bola

, Jakarta - Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia yang kini menjadi staf pembantu Timnas Brasil U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Fabio Oliveira, berharap akan tercipta duel tim Samba vs Garuda di ajang sepak bola muda bergengsi dunia.

Seperti diketahui, Brasil yang menyandang status sebagai juara bertahan kembali lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air. Skuad racikan Phelipe Leal tergabung dalam grup C bersama Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru, serta bakal menempati Jakarta International Stadium (JIS) sepanjang mengarungi fase penyisihan.

Adapun Fabio Oliveira sendiri berperan sebagai staf khusus di Timnas Brasil U-17. Ia tak masuk dalam daftar kepelatihan tim samba, tetapi berperan membantu logistik serta menjembatani komunikasi Timnas Brasil selama di Indonesia.

Sosok yang pernah duduk di kursi kepelatihan Persita Tangerang itu sudah terlihat mendampingi tim samba sejak tiba di Jakarta pada Sabtu (4/11/2023) lalu. Ia juga turut hadir dalam sesi latihan resmi Timnas Brasil U-17 di Lapangan A Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Selasa (7/11/2023) malam WIB.

Oliveira mengaku dirinya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari Timnas Brasil U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Apalagi, kompetisi sepak bola muda bergengsi edisi ini dihelat di Indonesia yang notabene menjadi tempatnya berkiprah selama bertahun-tahun.

Eks pelatih Persita ini pun bersemangat menatap jalannya FIFA U-17 World Cup 2023 Indonesia. Ia juga berharap akan ada peluang bagi tim samba dan Garuda Asia untuk saling berhadapan di babak gugur.

"Ini negara saya yang akan tampil di sini. Walaupun saya sangat mencintai Indonesia, tetapi kan hati saya tetap Brasil," ujar Fabio Oliveira saat ditemui awak media selepas sesi latihan Timnas Brasil U-17 di Lapangan A GBK, Selasa (7/11/2023).

"Siapa tahu Timnas Indonesia U-17 juga bisa lolos (dari fase grup), sehingga kita bisa ketemu di babak berikutnya. Kalau begitu kan akan lebih enak lagi," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Kesulitan Adaptasi di Indonesia

Sejauh ini, Timnas Brasil U-17 nampak tak kesulitan beradaptasi dengan situasi Indonesia. Fabio menyebut anak-anak asuh Phelipe Leal cukup menikmati fasilitas yang disiapkan penyelenggara serta mampu menyesuaikan diri terhadap cuaca Tanah Air.

"Tidak ada (permintaan tambahan dari para pemain), fasilitasnya sudah cukup baik. Fasilitas latihan juga, seperti yang Coach Leal bilang, lapangannya sudah cukup baik dan kita tahu sudah dijaga betul-betul serta disterilkan," ucap Fabio menceritakan kesan Timnas Brasil U-17 selama menjalani persiapan jelang Piala Dunia U-17 2023.

"Semuanya baik dan cuaca juga bersahabat dengan kita karena di negara kita cuaca juga seperti itu. Semua sudah (bersiap) menuju ke hari H untuk pertandingan, semoga mereka tampil all out, untuk bisa dapat kemenangan," katanya lagi.

3 dari 3 halaman

Pelatih Brasil Kagum dengan Kemegahan JIS

Selaras dengan pernyataan Fabio Oliveira, pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal sebelumnya juga sempat memuji kualitas venue Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Ia yang sempat sangsi mengaku takjub setelah melakukan inspeksi ke Jakarta International Stadium selaku markas tim samba.

"Ini sangat gila (luar biasa)," ujar Phelipe mengomentari kemegahan venue Piala Dunia U-17 2023 di Tanah Air, sebagaimana dilansir dari rilis resmi LOC yang diterima 

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia. Awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah, tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat