uefau17.com

2 Wasit VAR Diistirahatkan usai Bikin Blunder di Laga Tottenham Hotspur vs Liverpool - Bola

, Jakarta- Dua wasit VAR Liga Inggris, Darren England dan Dan Cook diistirahatkan sebagai buntut dari blunder yang mereka perbuat dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool di Premier League akhir pekan lalu.

Keduanya didapati salah membuat keputusan dengan menganulir gol pembuka Luis Diaz akibat dinilai offside di babak pertama, sehingga berbuntut pada kalahnya Liverpool dengan skor akhir 1-2, Sabtu (30/9/2023) lalu.

Duel antara The Reds melawan Spurs di pekan ke-7 Premier League 2023/2024 memang berlangsung cukup sengit. Anak-anak asuh Jurgen Klopp bahkan sudah dipaksa bermain dengan 10 penggawa sejak menit 26 lantaran Curtis Jones diganjar kartu merah.

Liverpool juga sempat kehilangan satu lagi amunisinya memasuki di babak kedua usai Diogo Jota diusir keluar lapangan. Namun, keputusan yang paling kontroversial dalam duel tersebut bukanlah pendepakan duo pemain, melainkan dianulirnya gol pembuka Luis Diaz di menit 34.

Pesepak bola asal Kolombia memang sempat nyaris mengantar timnya unggul lebih dulu setelah berhasil menyelesaikan umpan terobosan Mohamed Salah. Akan tetapi, golnya ogah dihitung oleh wasit Simon Hooper karena dianggap sudah berada dalam posisi offside oleh VAR.

Mirisnya, England dan Cook yang kala itu bertugas sebagai wasit VAR malah membenarkan keputusan Hooper. Padahal, sejumlah tayangan ulang di saluran televisi asing memperlihatkan tak ada offiside yang terjadi sebelum gol pembuka Luis Diaz.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Badan Wasit Inggris Konfirmasi Gol Luis Diaz

Belakangan, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Diaz memang on side, sehingga gol pembukanya di babak pertama sejatinya dihitung sah. PGMOL melalui pernyataan resminya pun mengeklaim kesalahan tersebut merupakan humar error signifikan. Mereka juga menyayangkan VAR yang gagal memberi intervensi secara tepat di tengah laga.

"PGMOL mengakui adanya human error signifikan yang terjadi di paruh pertama laga Tottenham Hotspur vs Liverpoool. Gol Luis Diaz dianulir karena dianggap offside oleh ofisial pertandingan di lapangan," ungkap PGMOL dalam pernyataan resminya pasca pertandingan.

"Ini adalah kesalahan yang jelas serta nyata, dan harusnya membuat gol tersebut bisa tetap diberikan melalui pengecekan VAR. Namun VAR nyatanya gagal melakukan intervensi," sambung mereka.

3 dari 5 halaman

PGMOL Ambil Langkah Terhadap Wasit

Sebagai tindak lanjut atas kejadian tersebut, PGMOL memutuskan untuk mengistirahatkan sementara Darren England dan Dan Cook dari tugasnya sebagai wasit VAR.

England yang sedianya turun di laga Nottingham Forest vs Brentford pada Senin (2/10/2023) dini hari tadi diminta untuk tak bekerja. Hal serupa juga dialami oleh Cook yang seharusnya bertugas dalam pertandingan Fulham vs Chelsea pada Selasa (3/10/2023) dini hari WIB.

"Darren England, (wasit) VAR di laga Tottenham Hotspur vs Liverpool, serta Dan Cook yang juga bertugas dalam pertandingan serupa telah digantikan untuk laga Nottingham Forest vs Brentford serta Fulham vs Chelsea pada hari ini dan besok malam," ungkap PGMOL dalam pernyataan resminya.

"Craig Pawson kini mengambil alih tugas England sebagai ofisial keempat di City Ground, sementara Eddie Smart bakal menggantikan Cook sebagai asisten wasit di Craven Cottage," sambung mereka.

4 dari 5 halaman

Komentar Pelatih Liverpool Jurgen Klopp

Sebelumnya, pelatih Liverpool Jurgen Klopp juga sudah sempat buka suara menanggapi blunder wasit di laga melawan Tottenham Hotspur pada Sabtu (30/9/2023).

Juru taktik asla Belanda itu menilai pengakuan dan permintaan maaf PGMOL tidak membantu sebab Liverpool sudah terlanjur gagal meraih poin.

"Apakah hal itu membantu? Tidak. Situasi kami sama seperti Manchester United (saat melawan Wolves bulan lalu), apakah mereka kemudian dapat poin? Tidak. Kami tidak mendapatkan poin hari ini, jadi hal itu tidak membantu," ujar pelatih Liverpool, seperti dilansir dari Daily Mail.

Lebih lanjut, Klopp juga menyayangkan kehadiran VAR yang justru gagal membantu wasit mengambil keputusan secara tepat. Padahal menurut dia, Diaz jelas-jelas berada dalam posisi on side jelang terjadinya gol pembuka yang dianulir.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League 2023/2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat