uefau17.com

Asian Games Hangzhou Segera Bergulir, Tak Ada Atlet Indonesia yang Berangkat Mandiri - Bola

, Jakarta - Kompetisi olahraga multi event se-Asia, Asian Games 2022 Hangzhou, segera bergulir dalam waktu dekat. Ajang ini diagendakan berlangsung mulai 23 September hingga 8 Oktober mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo sebelumnya telah mengumumkan kontingen Indonesia yang akan tampil di perhelatan Asian Games tersebut.

Terdapat total 415 atlet dari 31 cabang olahraga yang diberangkatkan, dengan target finis di posisi 12 besar serta potensi perolehan medali emas sebanyak 8-12.

Buntut dari pengumuman kontingen tersebut Menpora juga memastikan bahwa tidak akan ada atlet yang berangkat secara mandiri dalam ajang Asian Games 2022.

Seluruh penggawa olahraga yang dikirim merupakan tanggungan pemerintah, sehingga mereka diberikan dukungan penuh serta budget untuk keberangkatan.

"Untuk jalur mandiri di Asian Games tidak ada, tetap semuanya merupakan tanggung jawab pemerintah. Semua budget juga dari pemerintah," tegas Menpora saat mengumumkan kontingen Asian Games di Gedung Kemenpora, Senaayan, Jakarta, Jumat (1/9/2023) sore WIB.

"Karena kita berpikir (kontingen) ini membawa bendera Merah Putih sebagai negara, jadi kita ingin ajang Asian Games menjadi ajang kebersamaan, bukan untuk sekadar uji atau tes event," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bonus Asian Games 2022 Hangzhou

Terkait bonus bagi atlet yang berangkat, pihak-pihak terkait hingga kini belum mau memberi bocoran. Kendati begitu, CdM Kontingen Indonesia di Asian Games Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah bakal menetapkan jumlah yang tepat sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan para atlet.

"Saya kira kita baru mau berangkat, baru mau main, sekarang yang kita pentingkan hanyalah veni vidi vici, itu yang bisa dijalankan. Setelahnya silakan tanya ke Pak Menpora, mohon maaf saya tidak bisa jelaskan," ujar Basuki di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumaat (1/9/2023).

"Kalau berkaca dari Asian Games atau SEA Games edisi lalu, Presiden pasti memberikan (bonus) dan jumlahnya pasti lebih. Di dalam negeri, Asian Games (2018) saja kita dapat bonus yang cukup apalagi yang di luar negeri. Saya kira kita percayakan pada Menpora untuk memikirkan itu," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Cabor Kontingen Indonesia di Asian Games

  1. Akuatik
  2. Archery
  3. Atletik
  4. Bulu Tangkis
  5. Bola Basket
  6. Boxing
  7. Canoe
  8. Kriket
  9. Cycling
  10. Dragon Boat
  11. Equestrian
  12. Fencing
  13. Sepak Bola
  14. Golf
  15. Hoki
  16. Judo
  17. Martial Art (Jujitsu, Karate, Kurash)
  18. Mind Sport (Bridge, Chess, Esport)
  19. Modern Pentathlon
  20. Rowing
  21. Sepak Takraw
  22. Shooting
  23. Skateboarding
  24. Sport Climbing
  25. Taekwondo
  26. Tenis-Soft Tenis
  27. Triathlon
  28. Voli Pantai-Voli Indoor
  29. Weightlifting
  30. Wrestling
  31. Wushu-Headquarter

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat