uefau17.com

Kejurnas Panahan Junior 2023, PB Perpani Ingin Kembalikan Kejayaan Panahan Indonesia - Bola

, Jakarta PB Perpani menggelar Kejurnas Panahan Junior 2023. Turnamen ini berlangsung di Lapangan Jakarta Japanese Club Ground Sentul, Bogor, 19 sampai 24 Juli 2023.

Kejurnas Panahan Junior 2023 akan mempertandingkan tiga divisi, yaitu Nasional, Compound, dan Recurve untuk kategori Usia 15 tahun (U-15) dan 18 tahun (U-18).

Turnamen ini diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet muda berbakat dan berprestasi sebagai upaya mengembalikan kejayaan panahan Indonesia. Panahan pernah mengantar kejayaan Indonesia dengan meraih medali pertama di Olimpiade di Seoul pada 1988.

Indonesia meraih medali perak melalui tiga Srikandi, yakni Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani melalui nomor beregu putri.

"Mengembalikan kejayaan panahan Indonesia harus dimulai dengan melakukan secara serius pembibitan dan pembinaan atlet panahan berbakat dan berprestasi sejak usia dini," kata Ketua Umum PB Perpani Arsjad Rasjid di Sentul, Bogor, Rabu (19/7).

"Kejurnas Panahan Junior ini menjadi bagian dari pembibitan dan pembinaan prestasi berjenjang dari daerah hingga ke tingkat nasional. Dari ajang ini, kami berharap muncul atlet-atlet nasional yang kompetitif dan siap bersaing di level dunia," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejurnas Panahan Junior 2023 Diikuti Atlet Terbaik

Kejurnas Panahan Junior 2023 digelar bertepatan dengan momentum perayaan 70 tahun Perpani dan diikuti atlet-atlet junior terbaik. Turnamen tersebut akan memberikan gambaran dan pemetaan terkait potensi serta standar kualitas atlet-atlet berbakat maupun berprestasi untuk dipromosikan ke jenjang prestasi selanjutnya.

"Kami sangat mengapresiasi upaya dan perjuangan pengurus provinsi, kabupaten, dan klub-klub sebagai tempat bernaung para atlet panahan junior, yang berdedikasi penuh terhadap pembibitan dan pengembangan prestasi panahan Indonesia," kata Sekjen PB Perpani Antonius Riva Setiawan.

"Dengan pendekatan bottom up ini, kami berharap panahan Indonesia tidak akan kekurangan atlet berprestasi yang bakal mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah dunia," lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Peserta Kejurnas Panahan Junior 2023

Sekadar informasi, Kejurnas Panahan Junior 2023 diikuti oleh 578 atlet dan 153 official dari 28 Provinsi di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, untuk divisi nasional diikuti 130 peserta pada kategori U-15 dan 138 peserta di kategori U-18.

Divisi Compound diikuti oleh 62 peserta untuk U-15 dan 96 peserta di U-18. Sementara Divisi Recurve peserta U-15, diikuti 51 atlet dan U-18 sebanyak 101 atlet.

Jumlah medali yang diperebutkan masing-masing 66 medali emas, perak, dan perunggu. Ke-198 medali tersebut diperebutkan sejak dari babak kualifikasi hingga babak eliminasi untuk kategori perseorangan, beregu, dan beregu campuran.

"Talenta atlet muda di Divisi Compound dan Recurve mulai berkembang. Kami ingin memacu kompetisi terbuka yang sportif dan mampu menghasilkan bibit atlet panahan berprestasi dari ajang ini. Karena itu, kami memperbanyak perebutan medali sejak dari babak kualifikasi hingga eliminasi," papar ketua panitia pelaksana Kejurnas Junior 2023 Catura Pash.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat