uefau17.com

Pantas Digelar, Pengamat Sebut Konvoi Timnas Indonesia U-22 Bentuk Apresiasi PSSI - Bola

, Jakarta Pengamat Olahraga Fritz Simanjuntak memuji langkah-langkah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang menggelar konvoi timnas Indonesia U-22 pada Jumat (19/5/2023).Fritz mengatakan hal itu merupakan bentuk apresiasi atas perjuangan Timnas Indonesia U-22 yang berhasil membawa pulang medali emas dari cabang olahraga sepakbola di ajang SEA Games 2023.

"Kalau sepak bola melakukan itu (arak-arakan) ya boleh-boleh saja mereka senang, sudah 32 tahun (tidak meraih emas)," ujar Fritz.

Fritz menyampaikan animo tinggi dari masyarakat dalam menyambut kemenangan Timnas Indonesia U-22 pun hal yang lumrah. Hal ini tak lepas dari realita bahwa sepak bola merupakan olahraga yang sangat populer dan digemari di Indonesia.

Fritz menyebut parade kemenangan pun juga pantas dilakukan federasi cabang olahraga (cabor) lainnya sebagai bentuk apresiasi terhadap para atlet yang berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang pesta olahraga terbesar di Asida Tenggara SEA Games 2023.

"Dalam olahraga itu sudah jelas, juara atau tidak, menang atau kalah. Jadi kalau PSSI mau merayakan silakan, pun federasi cabang olahraga lain yang juara seperti pencak silat atau bulutangkis ingin merayakan juga silakan," ucap Fritz.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyakan Inisiatif Kemenpora

 

Fritz justru mempertanyakan keterlibatan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi koordinator dalam arak-arakan pada Jumat (19/5/2023). Fritz menilai Kemenpora tidak pantas untuk menggelar perayaan lantaran posisi Indonesia hanya menempati peringkat ketiga.

"Kalau sepakbola, bulutangkis, dan cabang olahraga lain yang juara ingin merayakan silakan, tapi ketika Kemenpora mengkoordinir arak-arakan, itu apa yang mau dirayakan, emang kita juara umum, kita hanya peringkat tiga, saya justru prihatin," kata Fritz.

3 dari 4 halaman

Tersendat di Kawasan Senayan

Pawai keberhasilan Timnas Indonesia menjuarai SEA Games 2023 sedang berlangsung, Jumat (19/5/2023). Marselino dan kawan-kawan telah keluar dari Hotel Fairmont sekitar pukul 08.00 WIB.

Raut kegembiraan terpancar dari seluruh skuat Garuda Muda saat menaiki bus. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dan pelatih Indra Sjafri berada di barisan depan atas bus bersama kapten tim Rizky Ridho.

Perjalanan Timnas Indonesia U-22 menuju Kantor Kemenpora tampak tersendat. Arak-arakan bus per pukul 08.34 WIB masih berada di kawasan Senayan mengingat tingginya animo suporter yang ingin melihat para Garuda Muda.

Para suporter dan pemain kompak menyanyikan chant-chant yang biasa berkumandang di area tribun stadion saat timnas berlaga sembari mengibarkan bendera Merah-Putih dan juga semburan suar.

Timnas Indonesia U-22 bergabung bersama para atlet dari cabang olahraga lain yang sudah berkumpul di Kantor Kemenpora sebagai titik awal keberangkatan parade.

Perjalanan parade sendiri masih akan berlanjut dengan menuju area Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang berjarak sekitar lima kilometer dari kantor Kemenpora. Kondisi di Bundaran HI saat ini pun telah dipenuhi suporter dan masyarakat yang tak sabar menanti kehadiran para Garuda Muda.

4 dari 4 halaman

Suporter Indonesia Sudah Siap Sambut Timnas Sejak Subuh

Pendukung Timnas Indonesia U-22 menunjukkan antusiasme luar biasa untuk menyambut pahlawan lapangan hijau. Mereka sudah memadati ruas jalan Asia Afrika, Senayan, untuk mengiringi bus atap terbuka yang akan membawa Garuda Nusantara merayakan sukses medali emas sepak bola SEA Games 2023.

Suporter terlihat berkumpul Jumat (19/5/2023) pukul 05.00 WIB. Sedangkan acara dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB dari kantor Kemenpora.

Rombongan akan dilepas oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo. Arak-arakan akan menuju jalan Jenderal Sudirman, lalu memutar di Bundaran Hotel Indonesia, kembali ke arah Senayan, menaiki jembatan Semanggi, dan berakhir di Parkir Timur, GBK Jakarta.

Dalam pawai yang mengusung tajuk "Welcoming SEA Games Football Winner", panitia juga menyediakan beberapa panggung musik dan hiburan di sepanjang jalan yang akan dilewati bus.

Sejak timnas mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (18/5/2023) malam ribuan penggemar sudah menyambut penuh suka cita.

Begitu bus yang membawa anak asuh Indra Sjafri keluar tol Senayan, ribuan suporter menyalakan suar dan meneriakkan yel-yel. Hadirnya massa membuat kendaraan sulit bergerak.

Kepolisian turun tangan dan meminta pendukung membuka jalan agar bus bisa mencapai tujuang Hotel Fairmont untuk istirahat. Namun, usaha aparat tidak membuahkan hasil. Bus cuma bergerak perlahan karena kepungan orang.

Rombongan akhirnya tiba di lokasi tujuan sekitar pukul 22.20 WIB. Garuda Nusantara disambut perwakilan PSSI dan diarahkan ke ruang makan malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat