uefau17.com

Konvoi Timnas Indonesia U-22 Tiba di Bundaran HI, Erick Thohir Serukan Revolusi Mental dari Sepak Bola - Bola

, Jakarta Konvoi Timnas Indonesia U-22 telah merampungkan agenda konvoi keliling Jakarta, Jumat (19/5/2023). Perjalanan pemain dan ofisial Garuda Nusantara berakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Rute konvoi melewati sejumlah jalan protokol di ibu kota. Sementara di Bundaran HI, kehadiran Garuda Nusantara disambut lagu Indonesia Raya yang dipandu grup band Coklat dan diikuti warga sekitar. 

Pantauan laporan langsung TikTok memperlihatkan, konvoi tiba di Bundaran HI sekitar pukul 10.55 WIB, Jumat (19/5/2023). Warga tampak antusias menyambut bus yang membawa pemain. Sebagian dari mereka tampak melempar berbagai suvenir ke arah pemain, berharap ditanda tangani.

Sebelumnya, rombongan bersama atlet-atlet lain yang berlaga di SEA Games 2023 dilepas dari kantor Kemenpora dan dijadwalkan mengakhiri acara di stadion GBK, Senayan, Jakarta.

Setibanya di Bundara HI, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat menyampaikan pidato singkat di hadapan warga. Pada kesempatan itu, dia juga meminta maaf kepada para pengguna jalan di Jakarta. 

"Saya mohon maaf karena acara konvoi dilakukan sekarang," kata Erick Thohir. 

"Mereka (Timnas Indonesia U-22) sudah satu setengah bulan di sini. Mereka menjalani persiapan di sini, mereka puasa di sini. Setelah ini, mereka akan dibubarkan," Erick menambahkan. 

PSSI seperti diketahui sangat mengapreseasi perjuangan timnas Indonesia U-22 di arena SEA Games 2023. Pasukan Indra Sjafri tampil perkasa dan memenangkan seluruh pertandingan sejak fase grup. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serukan Revolusi Mental Sepak Bola Indonesia

Di babak final, Timnas Indonesai U-22 lewat perjuangan ekstra ketat akhirnya berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 sekaligus mengakhiri penantian panjang 32 tahun sepak bola Indonesia. 

"Ayo kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Ayo kita revolusi mental Indonesia dari sepak bola," seru Erick dalam sambutannya. 

Pidato menteri BUMN itu tidak berlangsung lama. Rombongan kemudian diminta untuk segera melanjutkan perjalanan mengingat waktu sholat Jumat yang sudah tidak lama lagi.  Selanjutnya konvoi Timnas Indonesia U-22 akan kembali ke kawasan Senayan untuk mengakhiri perjalanan di GBK. 

3 dari 3 halaman

Akhiri Penantian 32 Tahun

Arak-arakan timnas Indonesia U-22 dan para atlet juara SEA Games 2023 berlangsung lebih dari tiga jam pada Jumat (19/5/2023). Parade mendapat disambut meriah warga Jakarta. Bukan hanya kelompok suporter timnas, para pelajar, karyawan swasta serta pengendara yang melintas mulai dari kawasan Senayan, Sudirman hingga Bundaran HI yang jadi rute perayaan juara itu ikut larut dalam euforia perolehan medali emas SEA Games 2023. 

Parade juara yang diikuti cabang olahraga lainnya yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja itu dimulai dari Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan pukul 08.30 WIB. Arak-arakan lalu bergerak menuju jalan Sudirman dan menuju Bundaran HI. Titik akhirnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bus TransJakarta dengan atap terbuka yang dinaiki penggawa Garuda Muda memimpin di depan diikuti mobil-mobil karnaval yang dinaiki atlet lainnya. Sepanjang jalan, iringan pemain disambut meriah warga yang melintas hingga pekerja kantoran sekitar. Warna merah putih menghiasi jalan-jalan diiring lagu-lagu kemenangan. 

"Indonesia juara !" teriak warga menyambut rombongan atlet.

"Penasaran ingin lihat perayaan juara timnas Indonesia. Selamat.. Kalian luar biasa," kata Sulistiani, seorang pekerja di kawasan Sudirman.

Di kawasan Bundaran HI, para pendukung timnas juga menyambut para pemain dengan aksi 1.000 bunga mawar dan sejumlah poster dukungan. 

"Selamat datang para juara SEA Games 2013, dari Asia Tenggara menuju sepak bola pentas dunia,"demikian isi tulisan di poster.

"Selamat kepada Timnas U-22 juara SEA Games 2023. Mental dan nyali kalian luar biasa,"

Rombongan tim U-22 Indonesia kemudian berhenti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai titik akhir parade juara. Marselino Ferdinan dkk disambut meriah ratusan suporter yang sudah menunggu sejak pagi. Turut hadir dalam rangkaian penutup parade juara di SUGBK, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, hingga sejumlah Exco PSSI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat