uefau17.com

Hasil Liga Inggris: Kalahkan Fulham, Manchester City Geser Arsenal di Puncak Klasemen - Bola

, Jakarta - Manchester City sukses mempermalukan Fulham di kandang sendiri dalam pertandingan pekan ke-34 Liga Inggris 2022/2023, Minggu (30/4/2023) malam WIB.

Anak-anak asuh Pep Guardiola unggul 2-1 berkat gol yang disumbangkan oleh Erling Haaland dan Julian Alvarez di paruh pertama.

Hasil ini sekaligus mengantar City mengkudeta Arsenal di puncak klasemen sementara Premier League. The Citizens berhak menempati posisi teratas usai mengumpulkan 76 poin dari 32 laga, unggul satu angka dari The Gunners di urutan kedua.

Manchester City tak butuh waktu lama untuk beradaptasi di kandang Fulham. Skuad racikan Pep Guardiola langsung berhasil menemukan ritme permainan mereka di awal babak pertama.

Kesempatan emas didapat The Citizens pada menit ke-2. Wasit menghadiahi tendangan penalti bagi tim tamu usai Julian Alvarez dilanggar oleh Tim Ream di kotak terlarang.

Mesin pencetak gol Manchester City, Erling Haaland, dipercaya turun sebagai algojo. Pesepak bola asal Norwegia itu sukses menunaikan tugasnya dengan baik sekaligus mengantar timnya unggul sementara 0-1 pada menit ke-3.

City nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-14. Haaland mengirim umpan silang, yang langsung disambut dengan tendangan ke arah gawang oleh Jack Grealish. Malang, aksi ini gagal berbuah gol lantaran Bernd Leno dengan sigap mampu menghentikan laju si kulit bundar.

Justru Fulham yang berhasil memanaskan laga semenit berselang. Carlos Vinicius mencatatkan namanya di papan skor serta mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1, setelah menuntaskan assist dari rekannya, Harry Wilson.

Peluang bagus kembali didapat City lewat Jack Grealish di menit 27. Pemain internasional Inggris itu hampir mengembalikan dominasi timnya, andai saja si kulit bundar yang ia arahkan ke tiang jauh gagal diselamatkan oleh Leno.

City akhirnya berhasil menggandakan torehan skor pada menit ke-36. Adalah Julian Alvarez yang berjasa menggandakan keunggulan pasukan Guardiola.

Menerimpa operan Riyad Mahrez, pemain Timnas Argentina itu sanggup mempertahankan bola dalam penguasaannya, sebelum melepas tembakan yang menusuk ke jaring Fulham.

Tak ada gol baru yang tercipta setelah itu. Tambahan waktu lima menit di pengujung babak pertama tak cukup bagi tim tuan rumah untuk menyeimbangkan kedudukan. Skor sementara 1-2 bagi keunggulan City bertahan sampai turun minum

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Fulham vs Manchester City

Erling Haaland langsung berupayamenunjukkan taringnya di permulaan babak kedua. Ia memperoleh peluang untuk menambah keunggulan City dua menit pasca turun minum.

Pemain internasional Norwegia itu melepaskan tendangan rendah dan keras dari dalam kotak penalti, tetapi bola yang dikirimnya masih mampu ditepis oleh Leno.

Nasib kurang beruntung dialami tim tuan rumah pada menit 58. Penggawanya Andreas Pereira mengalami cedera, yang membuat sang pemain terpaksa ditandu keluar lapangan dan digantikan oleh Tom Cairney.

Fulham nampak kesulitan menembus pertahanan Manchester City di babak kedua. The Cottagers tak kuasa mencetak gol penyeimbang hingga laga berjalan lebih dari 60 menit.

Ketegangan malah tercipta di antara duo kesebelasan pada menit 69. Jack Grealish bertubrukan dengan Kenny Tete saat hendak mengejar bola.

Pemain internasional Inggris pun langsung mengonfrontasi lawannya di tengah lapangan. Wasit yang ogah tinggal diam menanggapi hal ini memberi kartu kuning pada Tete, sebelum menjatuhkan ganjaran serupa kepada Grealish.

The Citizens kembali buntu memasuki 10 menit akhir pertandingan waktu normal. Pep Guardiola mencoba menyegarkan skuadnya dengan melakukan pergantian di menit 83.

Riyad Mahrez ditarik keluar untuk digantikan oleh Phil Foden. Julian Alvarez yang sempat menyumbangkan gol kedua bagi City juga ditukar dengan Bernardo Silva. Namun, perubahan ini tak serta-merta mampu membuat The Citizens menambah keunggulan.

Injury time delapan menit diberikan wasit pada pengujung babak kedua. The Citizens berusaha keras mempertahankan keunggulan di selang waktu yang cukup panjang tersebut. Upaya City berbuah manis. Skor 1-2 untuk keunggulan tim tamu bertahan sampai bubaran.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Fulham vs Manchester City

Fulham: Bernd Leno; Kenny Tete, Tosin Adarabioyo, Tim Ream, Antonee Robinson; Harrison Reed, Joao Palhinha; Harry Wilson, Andreas Pereira, Bobby Reid; Carlos Vinicius

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji; John Stones, Rodri; Riyad Mahrez, Julian Alvarez, Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat