uefau17.com

100 Hari Jelang Piala Dunia U-20 2023, Iwan Bule Minta Shin Tae-yong Tak Khawatirkan Pemain - Bola

, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule meminta pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong untuk tak terlalu mengkhawatirkan pemain jelang dihelatnya kompetisi akbar Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ajang sepak bola bergengsi yang berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Pemerintah telah menunjuk enam stadion di enam kota berbeda untuk menjadi lokasi penyelenggaraan FIFA World Cup U-20.

Iriawan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga sekaligus Ketua INAFOC Zainudin Amali juga telah meresmikan acara hitung mundur 100 hari jelang Piala Dunia U20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Sayangnya, Garuda Nusantara saat ini tengah dilanda masalah. Sejumlah yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta belum semuanya dilepas oleh klub masing-masing. Padahal, TC merupakan agenda penting menuju Piala Asia U-20 2023, yang sekaligus menjadi tolok ukur timnas jelang Piala Dunia edisi ini.

Menanggapi situasi tersebut, Iwan Bule mengimbau Shin Tae-yon agar tak mencemaskan penggawa yang belum bergabung. Ia berjanji bakal mengurus masalah itu, meski sudah berada di pengujung masa jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

"Coach Shin Tae-yong jangan pernah lelah. Meskipun ada klub yang belum menyerahkan pemainnya, tenang saja, saya akan urus semunya. Aman," ujar Iwan Bule saat memberi sambutan di acara hitung mundur 100 hari menuju Piala Dunia U-20 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akhir Masa Jabatan

Seperti diketahui, periode kepengurusan Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI memang akan habis dalam hitungan hari. Federasi sepak bola Tanah Air bakal segera menunjuk nakhoda baru melalui Kongres Luar Biasa (KLB) yang dihelat pada 16 Februari 2023.

Walau begitu, Iwan Bule masih berkomitmen penuh pada tugasnya di PSSI. Ia juga menyatakan ingin menemani serta memberi dukungan moral dan materi bagi para pemain yang berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

"Saya, meskipun sudah tidak Ketua Umum (PSSI), akan terus memberikan dukungan moral maupun material kepada mereka," tutur Iwan Bule di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (9/2/2023).

"InsyaAllah kalau diizinkan oleh pengurus baru, saya akan berada di tengah2 mereka (pada saat Piala Dunia U-20 nanti) karena saya sangat sayang ke mereka. Kemarin saya juga melihat latihan mereka di lapangan C (SUGBK)," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Lolos Penyisihan

Iwan Bule berharap Garuda Nusantara dapat menunjukkan performa maksimal saat tampil di Piala Dunia U-20 2023, sehingga mereka mampu lolos dari babak penyisihan.

"Mudah-mudahan (Timnas Indonesia U-20) bisa menampilkan yang terbaik, mempersembahkan hasil pertandingan yang minimal harus lolos dari babak penyisihan," katanya di hadapan awak media.

Ketum PSSI juga mengimbau masyarakat untuk bahu-membahu menyukseskan jalannya FIFA World Cup U-20, sebab acara tersebut bukan semata-mata milik pemerintah, melainkan warisan bersama seluruh bangsa.

"Kita harus bersyukur dan berbangga hati karena kompetisi FIFA akan berlangsung di Indonesia untuk pertama kalinya," ujar Iwan Bule.

"Saya berharap, masyarakat bahu-membahu menyukseskan Piala Dunia U-20 ini. Sebab ini bukan semata-mata tanggung jawab PSSI dan pemerintah, ini merupakan acara seluruh bangsa Indonesia. Kita berharap acara ini dapat menjadi warisan bagi Indonesia," tururnya menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat